Dhaka (ANTARA) - Persiapan perayaan festival agama Hindu, Durga, di Bangladesh berjalan lancar menjelang perhelatan acara keagamaan terbesar bagi komunitas Hindu Bengal tersebut.

Festival tahunan selama lima hari itu akan dimulai dengan semangat keagamaan pada Rabu (9/10). Berbagai pengaturan keamanan di seluruh Bangladesh telah ditingkatkan demi terwujudnya perayaan damai festival minoritas Hindu tersebut, yang akan diakhiri dengan menenggelamkan patung dewa-dewi pada 13 Oktober.

Bangladesh Puja Udjapan Parishad, organisasi umat Hindu terbesar di Bangladesh, menyampaikan bahwa Festival Durga tahun ini akan dirayakan di lebih dari 31.400 paviliun di Bangladesh.

Pada Rabu, Kementerian Dalam Negeri Bangladesh mengeluarkan serangkaian arahan kepada pemerintah dan lembaga penegak hukum daerah untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar perayaan festival berlangsung damai.

Menurut keputusan pemerintah, akan ada masa libur selama empat hari untuk perayaan festival ini, mulai Kamis (10/10) hingga Minggu (13/10).