Jakarta (ANTARA) - Sebagai negara kepulauan yang membentang dari Sabang di ujung barat hingga Merauke di ujung timur dengan luas 1,9 juta kilometer persegi Indonesia memiliki beberapa zona waktu. Jika Anda hendak berkunjung ke luar daerah hal-hal terkait perbedaan zona waktu ini wajib untuk dipahami.

Pembagian waktu ini dipengaruhi oleh garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis khayal yang melingkari bumi secara horizontal dari utara ke selatan, sementara garis bujur melingkar secara vertikal dari barat ke timur.

Perbedaan posisi setiap daerah di bumi itu yang menyebabkan adanya perbedaan waktu di berbagai tempat.

Berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia terletak antara koordinat 95 derajat hingga 141 derajat Bujur Timur. Negara ini membentang dari 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan, sehingga panjang garis bujur Indonesia adalah 46 derajat.

Matahari berputar pada porosnya sejauh 15 derajat setiap jam. Oleh karena itu, jika kita melihat dari ujung barat Indonesia di Sabang hingga ujung timur di Merauke, terdapat perbedaan waktu sekitar 3 jam.

Selain itu, karena Indonesia berada di sebelah timur kota Greenwich, perbedaan waktu ini juga dipengaruhi oleh posisi Indonesia terhadap garis bujur utama tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, negara ini dibagi menjadi tiga zona waktu: Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Baca juga: Penjelasan soal pembagian zona waktu di Indonesia, WIB, WITA dan WIT

Pembagian zona waktu ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan waktu di berbagai daerah, sehingga aktivitas ekonomi, sosial dan komunikasi antarwilayah dapat berjalan dengan baik.

Pembagian wilayah berdasarkan zona waktu

Waktu Indonesia Barat (WIB)

Wilayah yang mengikuti zona Waktu Indonesia Barat (WIB) meliputi seluruh Pulau Sumatra, seluruh Pulau Jawa, serta Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Waktu Indonesia Tengah (WITA)

Zona Waktu Indonesia Tengah (WITA) memiliki selisih waktu satu jam lebih maju dibandingkan WIB. WITA berlaku untuk wilayah bagian tengah Indonesia, seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, seluruh Pulau Sulawesi, seluruh Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Waktu Indonesia Timur (WIT)

Zona waktu ini memiliki perbedaan dua jam lebih maju dari WIB dan berlaku untuk wilayah Maluku dan Papua, termasuk Maluku Utara dan Papua Barat.

Perbedaan waktu

1. Perbedaan antara WIB dan WITA:

WITA lebih maju satu jam dibandingkan WIB. Jadi, jika di WIB adalah pukul 12:00, maka di WITA sudah pukul 13:00.

2. Perbedaan antara WIB dan WIT:

WIT lebih maju dua jam dibandingkan WIB. Jadi, jika di WIB adalah pukul 12:00, maka di WIT sudah pukul 14:00.

3. Perbedaan antara WITA dan WIT:

WIT lebih maju satu jam dibandingkan WITA. Jadi, jika di WITA adalah pukul 12:00, maka di WIT sudah pukul 13:00.

Baca juga: Pengertian garis khatulistiwa dan fakta-fakta menariknya