Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep menyatakan partainya tegak lurus kepada calon presiden dan wakil presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Kaesang menyampaikan pernyataan tersebut di hadapan ratusan kader PSI saat menyambangi DPD PSI Kabupaten Brebes.

Baca juga: Jokowi-Prabowo santap malam dan diskusi dua jam lebih

"PSI selama ini tegak lurus kepada Presiden RI Joko Widodo. Nanti setelah 20 Oktober kita tambah, kita tegak lurus kepada Prabowo Subianto,” kata Kaesang dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa slogan tegak lurus bersama Presiden Jokowi yang selama ini didengungkan partainya akan usai pada 20 Oktober 2024 atau pada saat pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI.

Sebelumnya, dia mengatakan bahwa PSI selalu tegak lurus dengan Presiden Jokowi, seperti saat Pemilu 2024, PSI memantapkan mendukung Prabowo sesuai dengan arah pilihan Jokowi.

Oleh sebab itu, di depan kader DPD PSI Brebes, Kaesang berpesan untuk melanjutkan kepercayaan kepada pemerintahan Jokowi kepada Prabowo-Gibran.

Baca juga: Istana: Jokowi-Prabowo bicarakan berbagai hal saat makan malam

Sementara itu, Presiden RI Jokowi menjadwalkan akan langsung pulang ke Solo, Jawa Tengah, usai acara Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo-Gibran menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029 pada 20 Oktober mendatang.

"Pada 20 Oktober 2024 sore, saya pulang ke Solo," ujar Presiden usai menghadiri pembukaan BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa.

Presiden mengaku tidak ada kegiatan usai acara pelantikan tersebut. Jokowi akan beristirahat setelah sampai Solo.

"Pulang ke Solo dahulu, tidur," kata Presiden.

Baca juga: Sufmi Dasco: Kabinet akan diumumkan Prabowo saat tanggal pelantikan