Ankara (ANTARA) - Parlemen Turki pada Selasa menggelar sidang untuk membahas serangan Israel terhadap Lebanon dan perkembangan lainnya di kawasan tersebut.

Pemerintah akan memberikan pengarahan kepada para anggota parlemen selama sidang tertutup di ibu kota Ankara, yang dipimpin oleh ketua Dewan Perwakilan Rakyat Numan Kurtulmus, yang mengatakan Menteri Luar Negeri Hakan Fidan dan Menteri Pertahanan Nasional Yasar Guler akan berbicara mengenai agenda tersebut.

Kurtulmus, dalam pernyataan sebelum sidang tertutup dimulai mengatakan "kami akan memenuhi semua tanggung jawab kami untuk memadamkan api di kawasan ini."

"Sebagai Majelis Nasional Agung Turki, kami harus mengambil langkah maju yang tegas dalam persatuan dan solidaritas melawan kebijakan ekspansionis Israel di kawasan tersebut, yang kami lihat sebagai masalah keamanan nasional," tambah Kurtulmus.

Israel telah melancarkan serangan udara besar-besaran di seluruh Lebanon terhadap apa yang mereka klaim sebagai target Hizbullah sejak 23 September, menewaskan lebih dari 1.250 orang, melukai 3.618 lainnya, dan membuat lebih dari 1,2 juta orang mengungsi.

Serangan udara tersebut merupakan eskalasi dalam perang lintas batas selama setahun antara Israel dan Hizbullah sejak dimulainya serangan brutal Tel Aviv di Jalur Gaza yang telah menewaskan hampir 42.000 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, sejak serangan Hamas tahun lalu.

Setidaknya 2.083 orang telah tewas dan 9.869 lainnya terluka dalam serangan Israel di Lebanon, menurut otoritas Lebanon.

Meskipun masyarakat internasional memperingatkan bahwa kawasan Timur Tengah berada di ambang perang regional di tengah serangan gencar Israel terhadap Gaza dan Lebanon, Tel Aviv tetap memperluas konflik dengan meluncurkan invasi darat ke Lebanon selatan pada 1 Oktober.


Anadolu

Baca juga: Borrell desak gencatan senjata di Lebanon
Baca juga: Israel klaim bunuh kepala logistik Hizbullah saat serang Beirut
Baca juga: UAE siapkan bantuan 30 juta dolar AS bagi warga Lebanon yang ke Suriah