Gorontalo (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo memprioritaskan pengembangan kawasan wisata Benteng Ulanta menjadi destinasi unggulan.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Bone Bolango Yudiawan Maksum di Gorontalo, Selasa, mengatakan, kawasan Benteng Ulanta sendiri memang memerlukan perhatian khusus dalam pengembangannya.

"Kami berencana tahun depan (2025) menjadikan Benteng Ulanta ini sebagai tempat wisata alternatif unggulan di Provinsi Gorontalo karena memiliki daya tarik wisata yang cukup tinggi," kata Yudiawan.

Ia mengatakan, tahun depan pihaknya berencana membangun bumi perkemahan (camping ground) di dalam kawasan Benteng Ulanta tersebut, dilengkapi fasilitas memadai.

Setelah melakukan survei lokasi, ternyata kawasan benteng sangat cocok untuk dibangun berbagai sarana pariwisata karena berada di ketinggian dan mudah dijangkau oleh masyarakat atau pengunjung.

Benteng Ulanta terletak di Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Lokasinya berdekatan dengan pusat pemerintahan, sejumlah fasilitas pendidikan, objek wisata Danau Perintis, serta letaknya tidak jauh dari pusat Kota Gorontalo.

"Kami meyakini dapat mengelola atau mengembangkan potensi wisata yang ada di kawasan tersebut," katanya.

Berkunjung ke Benteng Ulanta, setiap pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang asri dan indah. Apalagi pada malam hari, dapat menyaksikan suasana Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo dari lokasi tersebut.

Tentunya, kata dia, jika pengembangan lokasi ini dilakukan pemerintah dengan serius, maka nantinya hal tersebut akan menambah pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi.

"Nantinya kita akan bikin live musik, berbagai atraksi budaya, kemudian ruang kreatif bagi para pemuda untuk menggelar seni dan budaya," imbuhnya.

Baca juga: 50 kontingen meriahkan Gorontalo Karnaval Karawo 2024
Baca juga: BI Gorontalo sebut sektor pariwisata dan ekraf tingkatkan ekonomi
Baca juga: Kabupaten Gorontalo ditetapkan jadi Kabupaten Kreatif Nasional