Makassar (ANTARA) - Pjs Wali Kota Makassar Andi Arwin Azis, mendapatkan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha, dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai apresiasi atas kontribusinya dalam Lomba Desa/Kelurahan Terpadu 2024.

Melalui keterangan rilisnya di Makassar, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, La Ode Ahmad P. Bolombo, dalam acara Temu Karya dan Penghargaan Lomba Desa/Kelurahan Berprestasi yang berlangsung di Gedung Ksirarnawa, Denpasar, Bali, Selasa.

La Ode Ahmad P. Bolombo menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan wujud penghormatan kepada para kepala daerah yang berhasil memajukan desa dan kelurahan di wilayahnya. Ia menekankan pentingnya partisipasi aktif kepala daerah dalam mendorong kemajuan dan kemandirian desa serta kelurahan.

"Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha ini diberikan kepada para kepala daerah yang berperan aktif dan sukses dalam mendorong desa dan kelurahan untuk menjadi contoh nasional," ujarnya.

Ia berharap penghargaan ini dapat memotivasi daerah lain untuk terus berlomba-lomba memajukan wilayahnya masing-masing.

Baca juga: Wali Kota Denpasar raih penghargaan Upakarya Wanua Nugraha
Baca juga: Dirjen Bina Pemdes sebut lomba desa bukan sekadar seremonial
Sementara itu, Pjs Wali Kota Makassar Andi Arwin Azis mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas penghargaan yang diterima. Ia menyampaikan bahwa penghargaan ini adalah hasil kerja keras semua pihak.

"Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan dan kerja sama yang luar biasa dari semua pihak, mulai dari OPD Pemkot Makassar terutama pihak Kelurahan dan Kecamatan Manggala yang telah bekerja keras untuk memajukan Kelurahan Manggala," jelasnya.

Arwin juga mengatakan prestasi ini hasil kerja keras dan dukungan penuh dari warga Kelurahan Manggala dalam membangun wilayah mereka.

Lebih lanjut, Arwin menyampaikan penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Makassar untuk terus berinovasi dalam membangun kelurahan.

"Penghargaan ini menjadi komitmen kami yang akan kami jaga dan mengaplikasikannya pada kelurahan-kelurahan di Makassar agar semakin maju dan mandiri di masa depan," jelasnya.

Diketahui Kelurahan Manggala mendapatkan juara I dalam ajang Lomba Desa/Kelurahan Terpadu 2024 pada Regional III mencakup pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Dengan penghargaan ini, Makassar semakin mengukuhkan diri sebagai salah satu kota yang konsisten dalam mendorong pembangunan di tingkat akar rumput, khususnya di kelurahan.

Baca juga: Dua desa di Babel raih LDWN Kemendes PDTT
Baca juga: Kemendagri: Lomba Desa 2024 kontribusi capai target prioritas nasional
Baca juga: Desa Cibuntu Kuningan raih penghargaan Desa Wisata Nusantara 2024