Jakarta (ANTARA) - Dalam bekerja, selain melamar pekerjaan bagi yang sedang mencari, pengunduran diri bagi yang sudah memiliki kerja pun kerap terjadi di berbagai bidang pekerjaan ataupun perusahaan.

Berbagai alasan menyertai seseorang untuk memutuskan pengunduran diri ,baik karena kurang cocok dengan pekerjaan yang dijalani hingga mendapatkan pekerjaan lain yang lebih baik kerap menjadi alasan seseorang untuk mengundurkan diri.

Sama halnya dengan melamar, pengunduran diri pun dianjurkan untuk memberikan informasi secara langsung ke bagian ketenaga kerjaan atau HRD di sebuah perusahaan dengan cara yang baik dan sopan.

Pengunduran diri biasanya disertakan dengan dilampirkan-nya surat pengunduran diri dari seorang pekerja atau karyawan yang ingin keluar dari sebuah perusahaan tempatnya bekerja.

Surat pengunduran ini biasanya disertai dengan alasan mengapa seseorang memutuskan untuk mundur dan ucapan terima kasih atas posisi atau kesempatan yang diberikan kepadanya dalam posisi atau jabatan yang telah dia emban di perusahaan tersebut.

Surat pengunduran diri harus ditulis dengan bahasa yang resmi atau formal serta sopan karena nantinya surat tersebut akan ditujukan ke atasan perusahaan. Surat ini juga disarankan tidak dituliskan secara panjang atau bertele-tele sehingga langsung ke poin inti dari pengunduran diri tersebut.

Struktur surat pengunduran diri

Berikut ini adalah struktur surat pengunduran diri yang disarankan
  1. Nama kota & tanggal
  2. Nama perusahaan & alamat perusahaan
  3. Salam pembuka
  4. Alasan mengapa Anda ingin mengundurkan diri
  5. Mencantumkan tanggal kapan Anda akan mengundurkan diri
  6. Mengucapkan permohonan maaf dan terima kasih
  7. Salam penutup dan nama karyawan/tanda tangan yang mengundurkan diri
Contoh surat pengunduran diri
Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

1. Contoh surat pengunduran diri pertama

Jakarta, 10 September 2024
⁠Yth. HRD & Jajaran Founder
⁠PT Sahabat Karya Indonesia

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Julian Ferdinand menyampaikan maksud pengunduran diri dari PT Sahabat Karya Indonesia terhitung tanggal 10 September 2024.

Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya melanjutkan bekerja di PT. Indomedia Nusantara. Saya akan memulai posisi saya sebagai Content Writer pada tanggal 15 September 2024.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan selama saya berada di PT Sahabat Karya
Indonesia.

Saya juga memohon maaf jika ada kesalahan yang kurang berkenan selama bekerja.

Semoga PT Sahabat Karya Indonesia semakin berkembang dan sukses kedepannya.

Hormat saya,

Julian Ferdinand

2. Contoh surat pengunduran diri kedua

Jakarta, 20 Februari 2024

Kepada Yth,
Kepala PT Jaya Nusantara
Di Boulevard Alam Sutera, Tanggerang

Dengan Hormat,

Nama : Ferry Jayadi
Departemen : Marketing
Jabatan : Staf Marketing
No Induk Karyawan : 19760325

Dengan surat ini, saya yang merupakan salah seorang karyawan PT Jaya Nusantara, ingin mengajukan pengunduran diri dengan alasan ingin melanjutkan bisnis keluarga.

Adapun surat ini dibuat berdasarkan dengan ketentuan yang tertulis pada surat kesepakatan bersama, yang terkait dengan karyawan maupun perusahaan. Serta dibuat berdasarkan dengan undang-undang kerja, dan prosedur hubungan industrial tanpa ada tendensi negative tersembunyi di dalamnya.

Demikianlah surat permohonan pengunduran ini saya yang dibuat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun

Hormat Saya,

Ferry Jayadi

3. Contoh surat pengunduran diri ketiga

Jakarta, 10 Agustus 2024

Kepada Yth,
HRD PT. Garuda Sejahtera Abadi
di Jalan Panjang, Kedoya Jakarta Barat

Dengan Hormat,

Melalui surat yang tertulis ini, saya atas nama Farhan Fahrizal bermaksud untuk mengajukan permohonan diri dari PT. Garuda Sejahtera Abadi yang dimana saya memiliki posisi sebagai call center.

Saya melakukan permohonan ini karena ingin pindah domisili tinggal. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan selama 5 tahun ini. Mohon maaf apabila selama bekerja saya melakukan suatu kesalahan yang merugikan semua pihak.

Demikian surat ini saya buat dengan sadar dan tanpa adanya paksaan dari siapapun. Semoga PT. Garuda Sejahtera Abadi akan semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

Farhan Fahrizal

4. Contoh surat pengunduran diri keempat (Dalam Bahasa Inggris)

Jakarta, 17th March 2023

Dear Mr. Surya Darmanto

I am writing to inform you of my resignation from my position as account executive at PT Asian Tech. My last day of employment will be on 17th April 2024.

I have accepted a position with another company in Bandung where my husband is relocating for work. I am grateful for the opportunity to have worked for PT Asian Tech since 2018.

I am also thankful for the support and guidance that I have received from my colleagues and managers. I have enjoyed my time here and have learned a great deal.

I wish you and PT Asian Tech continued success in the future.

Sincerely,

Alea Fernanda Putri

5. Contoh surat pengunduran diri kelima (Dalam Bahasa Inggris)

Jakarta, 20th August 2024

To: Bumi Jaya Management
Yellow Palm Corporat
East Kuningan, South Jakarta City

Dear Bumi Jaya Management,

With the deepest regret that I am writing to inform you of my decision to resign from the position of Marketing staff for Yellow Palm Corporat, effective August 27th, 2024.

I was recently offered a new opportunity with a company headquartered close to my home and have decided to take their offer.

It has been a pleasure working with you and the entire Yellow Palm Marketing team for the past seven years. In my time here, I have grown professionally and made life-long friends. In particular, I would like to thank you for providing me with a rewarding learning experience during my time at Yellow Palm.

You have my full commitment and cooperation for a smooth transition of responsibilities. Please let me know how I can be of further assistance

Sincerely,

Adrian Rivaldo

Demikian beberapa contoh surat pengunduran diri yang dapat Anda sertakan dalam maksud pengunduran diri di perusahaan tempat Anda bekerja.

Terdapat dua opsi bahasa yaitu, Indonesia dan Inggris yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan perusahaan Anda.


Baca juga: Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia dan Inggris

Baca juga: Ingin kerja online atau freelance? berikut pilihan dan cara mencarinya

Baca juga: Kemnaker gelar Naker Fest 2024 fasilitasi 110 ribu lowongan kerja