Jakarta (ANTARA) - World Boxing Associaton (WBA) mengemukakan dua petinju tidak terkalahkan Dmitry Bivol dan Artur Beterbiev akan bertarung memperebutkan gelar juara kelas berat ringan di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi pada 12 Oktober mendatang.

"Ini akan menjadi minggu spesial bagi dunia tinju. Seri Riyadh menampilkan salah satu pertarungan terbesar yang ditawarkan olahraga ini, mempertemukan dua petinju tak terkalahkan untuk memperebutkan gelar kelas berat ringan WBA, selain sabuk WBC, WBO, dan IBF," demikian keterangan WBA melalui laman resmi yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Dijelaskan, juara WBA Dmitry Bivol akan menghadapi juara tiga kali Artur Beterbiev dalam pertarungan undercard.

Meskipun pertarungan awalnya dijadwalkan berlangsung pada 1 Juni 2026, cedera yang dialami Beterbiev memaksa penundaan hingga 12 Oktober.

"Ini menimbulkan lebih banyak antisipasi di kalangan penggemar tinju yang tidak sabar menunggu pertarungan tersebut," sebut WBA.

Baca juga: WBA beri izin khusus bagi Lamont Roach rebut gelar kelas ringan

Bivol mempertahankan sabuk juaranya pada 1 Oktober dan mengalahkan Malik Zinad dengan technical knockout (TKO) di ronde keenam untuk tetap aktif dan menunggu pertarungan besar memperebutkan gelar tidak terbantahkan.

Petinju asal Kisguistan dengan kewarganegaraan Rusia itu memiliki keterampilan tinju yang sangat baik dan kekuatan yang menjadikannya lawan yang sangat tidak nyaman dan berbahaya. Bivol telah meraih sebanyak 23 kemenangan dengan 12 kemenangan diperoleh melalui TKO.

Sementara, Beterbiev belum pernah naik ring sejak Januari 2024 ketika ia mengalahkan Callum Smith dengan TKO pada ronde ketujuh dan mempertahankan ketiga sabuknya. Petinju asal Rusia memiliki kekuatan di sisinya dan telah mengalahkan setiap lawan yang dihadapi.

Dijelaskan, Beterbiev mengetahui bahwa ia harus sangat tajam untuk mengimbangi lawannya kali ini dan diharapkan menjadi orang yang melancarkan serangan dalam laga tersebut. Beterbiev juga memiliki rekor cemerlang dengan mencatatkan 20 kemenangan untuk semua pertarungan.

WBA menambahkan, kegiatan promosi untuk seri Riyadh akan berlangsung dalam pekan ini ini dan pertunjukan menyeluruh yang hebat diharapkan terjadi pada akhir pekan ini.

Baca juga: Almengor bertekad rebut juara tinju WBA untuk bantu warga Chiriqui

Baca juga: WBA perintahkan pertarungan wajib Stanionis lawan Shakhram