Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, melalui Kantor Imigrasi Jakarta Barat meluncurkan "Immigration Lounge" di Mal Taman Anggrek dengan fasilitas yang ramah bagi ibu dan anak.

"Ibu adalah untuk sarana ruang laktasi, menyusui. Kemudian, [untuk] anak [ada] tempat bermain kecil," ucap Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim saat meluncurkan Immigration Lounge Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Selasa.

Immigration lounge, imbuh dia, merupakan wujud upaya Ditjen Imigrasi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Immigration lounge siap melayani pengurusan paspor dan visa tidak hanya di hari kerja, tetapi juga akhir pekan.

Selain itu, immigration lounge mengutamakan kecepatan dan kenyamanan. Silmy menyebut, Immigration Lounge Mal Taman Anggrek bakal memberikan layanan pengurusan paspor satu jam dan perpanjangan visa yang mudah, terutama visa on arrival.

"Ini adalah salah satu wujud dari upaya kita, Imigrasi Indonesia, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dengan mendekatkan diri, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, mempermudah masyarakat mengakses, kemudian bisa mengkombinasikan dengan kegiatannya sehari-hari, sehingga tetap produktif," ucap dia.

Baca juga: "Immigration Lounge" hadir di Senayan City untuk permudah urus paspor

Lebih lanjut, ia mengatakan, immigration lounge di pusat perbelanjaan merupakan solusi untuk masyarakat ibu kota yang memiliki mobilitas tinggi. Masyarakat kini dapat mengurus kebutuhan keimigrasian sembari berkegiatan lain di dalam mal.

"Layanan publik itu harus bisa juga menjaga produktivitas masyarakat. Pelayanan-nya cepat, mudah, kemudian juga nyaman," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non-TPI Jakarta Barat, Nur Raisha Pujiastuti menjelaskan, Immigration Lounge Mal Taman Anggrek memiliki luas 200 meter persegi dan terdapat enam bilik untuk melayani masyarakat.

"Kami berharap bahwa dengan adanya Immigration Lounge Taman Anggrek ini akan semakin meningkatkan layanan keimigrasian kepada masyarakat," ucap Pujiastuti.

Immigration Lounge Mal Taman Anggrek merupakan ruang layanan keimigrasian di luar kantor yang ketiga di Jakarta. Sebelumnya, layanan serupa telah hadir di Pondok Indah Mal 3, Jakarta Selatan dan
Senayan City, Jakarta Pusat.

.
Ruang laktasi dan tempat bermain anak di Immigration Lounge Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Selasa (8/10/2024). ANTARA/Fath Putra Mulya