Jakarta (ANTARA) - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengemukakan sekitar 80 hingga 90 persen kota dan kabupaten di Indonesia telah disinggahi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama dua periode kepemimpinannya.

"Kalau seingat saya, 80 sampai 90 persen kota kabupaten sudah disinggahi beliau," kata Mensesneg Pratikno saat berkunjung ke ruang kerja wartawan istana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

Meskipun tidak memiliki angka pasti, Praktikno yakin sebagian besar wilayah di Indonesia telah mendapat perhatian langsung dari Presiden Jokowi, baik berupa pembangunan infrastruktur, pengentasan permasalahan sosial, hingga distribusi bantuan.

Baca juga: Presiden kembali sampaikan permohonan maaf ke rakyat di Kabupaten Alor

“Waduh, jumlah pastinya saya tidak hafal. Tapi seingat saya, sudah mencapai 80-90 persen,” ujar Pratikno.

Secara terpisah, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan bahwa Presiden Jokowi sangat intensif mendatangi berbagai daerah di Indonesia melalui kunjungan kerja, bahkan bisa beberapa kali kunjungan dalam satu daerah yang sama.

Baca juga: Presiden tinjau harga dan berpamitan ke rakyat di pasar Pontianak

"Mungkin ada satu, dua yang belum. Tapi setidaknya, Presiden sudah sangat optimum mendatangi berbagai daerah, bahkan ada yang beberapa kali gitu," kata Moeldoko.

Salah satunya, kata Moeldoko, seperti ke Tanah Papua, yang beberapa kali dikunjungi Presiden Jokowi untuk memastikan pemerataan pembangunan di kawasan itu.

"Beliau mungkin satu-satunya Presiden yang terbanyak ya berkunjung ke Papua," kata Moeldoko.

Baca juga: TNI-Polri gelar apel pasukan pengamanan kunjungan Presiden di Papua