Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN mengkoordinir perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar bisa mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia dengan menyelenggarakan festival di sejumlah daerah setelah sukses digelar di sekitar Jakarta.

Kegiatan "Karya Nyata Festival" yang melibatkan pelaku UMKM terus berlanjut di seluruh Indonesia setelah sukses diselenggarakan di Pamulang Tangerang Selatan dan Bekasi.

"Festival ini diselenggarakan untuk menyediakan lokasi berjualan bagi UMKM. Seperti diketahui salah satu yang kendala yang dihadapi UMKM adalah tempat atau lokasi berjualan," kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Kegiatan ini menampilkan produk lokal UMKM yang pastinya akan menarik perhatian masyarakat meskipun kegiatan hanya berlangsung singkat.

Baca juga: Jakpus lakukan beragam strategi untuk majukan UMKM

Tak hanya itu, Kementerian BUMN juga memiliki Rumah BUMN yang siap memberikan dukungan untuk para UMKM binaan termasuk menyediakan tempat strategis untuk berjualan.

"Kalau UMKM maju maka ekonomi maju, dan BUMN bisa terus support UMKM," kata Arya.

Arya juga memperkenalkan aplikasi berbasis kurikulum yaitu aplikasi "Naksir UMKM" yang bertujuan untuk menyelaraskan dan meningkatkan kompetensi UMKM.

Festival tersebut selain menampilkan makanan dan minuman lokal, bazar kuliner, juga hiburan, juga talkshow dan business matching (temu bisnis).

Baca juga: Jaksel edukasi siswa manfaatkan medsos untuk pasarkan produk

Selain itu, pengunjung memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan perwakilan BUMN yang menjadi pendukung acara.

Selain di Pamulang-Tangsel dan Bekasi, festival ini juga pernah diselenggarakan di Padang, Medan, Jambi, Belitung, Pekanbaru, Aceh, Yogyakarta, Malang, dan untuk Palembang.

Dalam kegiatan terakhir di Palembang, festival ini berhasil meraup transaksi Rp511 juta melibatkan 106 pelaku UMKM.

Kementerian BUMN akan terus menggelar festival secara berkesinambungan untuk mendorong agar pelaku UMKM bisa naik kelas.