Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap Jakarta tidak berhenti dalam membangun infrastruktur untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota global.

"DKI tahun lalu menempati posisi 74, visi saya adalah terus meningkat menjadi bisa 50-40 dan menjadi 20 antara lain fokus kepada transportasi, UMKM, IT, AI dan konsep perbankan yang harus semua didukung,” kata Heru.

Hal itu disampaikan Heru usai menghadiri Peluncuran Buku Pertama dalam Seri Delapan Buku Berjudul "Jakarta’s Path to Top 20 Global City, Book 1: Jakarta’s Profile for Global Competitiveness, di Jakarta Pusat, Selasa.

Heru juga menyampaikan, sejak awal dirinya menjabat pun telah meminta arah pembangunan Jakarta untuk fokus dan mengarah para persaingan kota besar atau menjadikan Jakarta menuju kota global.

Baca juga: Wajah Jakarta kini hasil penerapan inovasi di berbagai sektor
Baca juga: Jakpus beri beragam pelatihan UMKM untuk songsong kota global


Dengan telah diluncurkannya buku tersebut, maka para kepala dinas bisa menjadikannya sebagai kisi-kisi untuk membangun Jakarta.

"Ini semua sudah masuk di dalam RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah). Semuanya ada 8 buku, semuanya adalah konsep Jakarta ke depan. Dan di sini kisi-kisinya untuk para kepala dinas membangun Jakarta," kata Heru.

Jika di dalam sebuah perjalanan Jakarta menghadapi hal tak terduga, pola yang tertulis dalam buku tersebut pun bisa tetap dijalankan. Sehingga, kata dia, konsep-konsep yang tertulis dalam buku tersebut tetap berhubungan dan dilaksanakan.

​​​​​​​"Kapanpun tetap bisa menjadi refrensi pembangunan Jakarta ke depan. Cuma (kalau ada kendala) mungkin waktunya yang tadinya 20 tahun jadi mundur," kata Heru.