Jakarta (ANTARA) - Ibu Whitney Houston sekaligus penyanyi soul dan gospel populer asal Amerika Serikat, yakni Cissy Houston telah meninggal dunia di usia 91 tahun di kediamannya pada Senin (7/10) di New Jersey, Amerika Serikat. Dikutip dari Variety, Senin (7/10), Houston sedang menjalani perawatan paliatif untuk penyakit Alzheimer yang dideritanya. Menurut menantunya, Pat Houston, Houston ditemukan meninggal dunia pada Senin (7/10) pagi di kediamannya.

"Hati kami dipenuhi dengan rasa sakit dan kesedihan. Kami kehilangan pemimpin keluarga kami,” kata Pat Houston dalam sebuah pernyataan.

“Semoga ia beristirahat dengan tenang, bersama putrinya, Whitney dan cucunya Bobbi Kristina serta anggota keluarga terkasih lainnya," katanya.

Baca juga: Aktris Angela Lansbury meninggal dunia di usia 96 tahun
Lahir di Newark, New Jersey, Amerika Serikat, Houston memulai kariernya di dunia hiburan sebagai anggota grup musik gospel Drinkard Four. Dia kemudian membentuk Sweet Inspirations bersama Dee Dee Warwick dan Doris Troy hingga menjadi penyanyi latar untuk Otis Redding, Dusty Springfield, dan Dionne Warwick.

Sebagai bagian dari grup tersebut, dia berkontribusi pada lagu “Brown Eyed Girl” karya Van Morrison dan “Burning of the Midnight Lamp” karya Jimi Hendrix Experience. Pertunjukan terakhir Sweet Inspirations digelar di Las Vegas, Amerika Serikat pada tahun 1969 bersama Presley.

Sebagai musisi solo, dia merilis album debutnya bertajuk "Presenting Cissy Houston" pada tahun 1970, diikuti oleh serangkaian rekaman selama bertahun-tahun termasuk yang terbaru, "Walk on By Faith" pada tahun 2012.

Baca juga: Aktris Annie Wersching meninggal dunia di usia 45 tahun
Tidak hanya itu, dia juga terlibat sebagai penyanyi latar untuk ratusan rekaman lagu, termasuk debut Bette Midler tahun 1972 "The Divine Miss M." dan "Ain't No Way" milik Franklin. Sepanjang kariernya, suara vokalnya dapat didengar pada rekaman lagu Chaka Khan, Diana Ross, David Bowie, Beyoncé, Donny Hathaway, Wilson Pickett, dan masih banyak lagi.

Houston memenangkan Grammy pertamanya pada tahun 1997 untuk "Face to Face," yang menang dalam kategori album soul gospel tradisional terbaik. Dua tahun kemudian, dia berhasil memenangkan Grammy dalam kategori yang sama untuk albumnya "He Leadeth Me".

Baca juga: Aktris Betty White tutup usia jelang usia seabad
Houston berasal dari keluarga seni, termasuk putrinya Whitney Houston. Tidak hanya Whitney, keponakan perempuan Dionne dan Dee Dee Warwick, serta sepupu Leontyne Price yang merupakan seorang penyanyi opera di keluarganya.

"Atas nama Keluarga Houston, kami tersentuh oleh dukungan Anda yang murah hati, dan curahan kasih sayang Anda selama masa duka yang mendalam," kata perwakilan keluarga Houston.

"Kami dengan hormat meminta privasi kami selama masa sulit ini," pinta dia.

Baca juga: Aktris veteran Korea Kim Min Kyung meninggal