Jakarta (ANTARA) - Saat ini, menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Di tengah tuntutan hidup yang semakin tinggi sering kali kita lupa bahwa kesejahteraan mental mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan kita, mulai dari hubungan sosial, produktivitas kerja hingga kesehatan fisik.

Menurut World Health Organization (WHO), individu yang sehat secara mental adalah individu yang dapat menyadari setiap potensi yang ia miliki, mampu mengelola stres yang wajar, dapat bekerja secara produktif serta mampu berperan dalam komunitasnya. Oleh karena itu, kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Untuk menjaga kesehatan mental ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai berikut:

1. Terhubung dengan orang lain

Hubungan yang kuat dengan orang-orang di sekitar kita, baik keluarga maupun teman sangat penting untuk kesehatan mental.

Hubungan yang baik dapat membantu membangun rasa memiliki, memberikan dukungan emosional dan meningkatkan kepercayaan diri.

2. Aktif secara fisik

Aktivitas fisik bukan hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga pikiran. Berolahraga bisa meningkatkan suasana hati dan juga membantu mengurangi stres serta kecemasan.

Aktif secara fisik tidak harus dengan cara berolahraga berat, aktivitas sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda atau yoga sudah cukup untuk memberikan manfaat positif.

3. Pelajari keterampilan baru

Mempelajari hal baru dapat membantu merangsang otak, meningkatkan rasa percaya diri dan memberi kita tujuan yang baru.

Memulai hobi baru seperti memasak, menulis, belajar memainkan alat musik dan berolahaga bisa memberikan kepuasan tersendiri dan membuka peluang untuk berinteraksi dengan orang baru.

4. Memberi kepada orang lain

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan kebaikan kepada orang lain dapat memberikan dampak besar bagi kesehatan mental kita. Tindakan sekecil apapun dalam berbuat kebaikan seperti mengucapkan terima kasih atau membantu seseorang, bisa membuat kita merasa lebih positif dan bermakna.

Selain itu, menjadi sukarelawan di suatu komunitas yang memberikan manfaat bagi orang banyak juga bisa menjadi cara yang baik untuk menjaga kesehatan mental sekaligus memperluas jaringan sosial yang positif.

5. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Teradang, kita begitu sibuk dengan rutinitas sehari-hari sehingga lupa menyediakan waktu untuk diri sendiri.

Ambil waktu sejenak untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai, seperti membaca buku, mandi air hangat atau menjalankan hobi. Hal itu bukanlah tindakan yang egois, melainkan cara untuk mengisi ulang energi agar Anda dapat berfungsi dengan baik di tengah berbagai tuntutan hidup.

6. Menjaga pola hidup sehat

Sebisa mungkin hindarilah minuman beralkohol dan tidur yang tidak teratur, karena kedua hal itu bisa mempengaruhi kesehatan mental Anda.

Usahakan untuk menjaga pola tidur yang baik dan konsumsi makanan sehat. Kualitas tidur yang cukup juga membantu menjaga keseimbangan emosi dan meningkatkan produktivitas.

Menjaga keseimbangan mental adalah proses yang berkelanjutan. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat merawat kesehatan mental dan menjalani kehidupan yang lebih positif


Baca juga: Apa itu kesehatan mental? mengapa penting bagi kehidupan kita

Baca juga: Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober dan tema terbarunya

Baca juga: WHO sebut lebih 6 persen warga Gaza tewas atau terluka tahun terakhir