Jakarta (ANTARA) - Polisi melibatkan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri untuk memeriksa bekas kebakaran di Mall Ciputra Citraland Jakarta Barat, Senin.

"Mengundang dari laboratorium forensik untuk olah TKP di sana untuk bisa lebih mengetahui secara detail, secara saintifik penyebab awal api ini keluar," kata Kapolsek Grogol Petamburan Kompol Hafiz Gumilang di Jakarta, Senin.

Kepolisian juga telah meminta pihak mal untuk mensterilkan titik mulai kebakaran agar tidak menghalangi kerja Puslabfor.

"Ya untuk hari ini dari pihak Citraland sudah menyampaikan akan membuka. Tentunya untuk titik yang dibuka, titik permulaan api pertama kali menyala, kami minta untuk tetap disterilkan," tutur Hafiz.

Baca juga: Mal Ciputra tunggu syarat dari Kepolisian untuk investigasi kebakaran

Hingga kini, kepolisian belum dapat membeberkan penyebab kebakaran lantaran harus menunggu hasil saintifik dari Puslabfor.

"Untuk dugaan sementara tentunya kami belum berani untuk membicarakan karena kami tetap berdasarkan pada scientific crime investigation. Jadi kami nanti harus berdasarkan bukti-bukti ataupun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh labfor," tutur Hafiz.

Adapun berdasarkan penyelidikan sementara, instrumen pencegahan kebakaran gedung mal berfungsi dengan baik. Hanya saja kebakaran yang terjadi kian besar sehingga dampak kerusakannya juga serius.

"Dari hasil penyelidikan sementara tentunya berfungsi namun karena memang (kebakaran) sangat besar dan cepat. Tentunya tidak bisa mengatasi untuk seluruh api yang menjalar. Namun dari pihak sekuriti segera menghubungi pemadam kebakaran sehingga kebakaran bisa cepat ditangani," lanjut Hafiz.

Diketahui, Mall Ciputra Jakarta atau Mall Citraland tutup selama tiga hari mulai Jumat (4/10) sampai dengan Minggu (6/10) usai kebakaran melanda lantai lima dan lantai enam mal tersebut pada Jumat (4/10) dini hari sekira pukul 00.50 WIB.

"Demi kenyamanan dan keamanan bersama, terutama para pengunjung setia Mall Ciputra Jakarta, Mall Ciputra akan tutup operasional sementara selama tiga hari, terhitung dari hari ini 4 Oktober 2024 hingga 6 Oktober 2024. Mudah-mudahan hari Senin, tepatnya 7 Oktober, kami akan beroperasi," kata Humas Mal Ciputra Jakarta Rida Kusrida saat ditemui wartawan di lokasi pada Jumat (4/10).

Pada Senin (7/10), Rida menyebut sisa-sisa kebakaran sudah teratasi sehingga mal bisa kembali operasional.

Baca juga: Mal Ciputra Jakarta tutup tiga hari usai kebakaran
Baca juga: Polisi periksa dua saksi terkait kebakaran di Mall Citraland Jakarta