Jakarta (ANTARA) - Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan persiapan seleksi kompetensi dasar (SKD) dalam rekrutmen calon aparatur sipil negara (CPNS) 2024 terkait prasarana, sarana dan infrastruktur disesuaikan dengan spesifikasi yang tertuang pada Peraturan BKN Nomor 5 Tahun 2024 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi Menggunakan Metode CAT BKN yang telah ditetapkan untuk dapat menjamin keamanan selama tes berlangsung.

"Pastikan selalu menjaga integritas karena seleksi CASN merupakan tanggung jawab besar dan diawasi oleh seluruh elemen masyarakat," kata Haryomo dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Dia meminta seluruh tim pelaksana yang akan terlibat dalam seluruh rangkaian seleksi CASN tahun ini tetap menjaga integritas dan kolaboratif satu sama lain.

Adapun pelaksanaan seleksi 2024 akan memasuki tahapan SKD yang dijadwalkan berlangsung mulai 16 Oktober 2024 sesuai dengan Surat Badan Kepegawaian Negara atau BKN Nomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tentang Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS TA 2024.

Baca juga: Bawaslu Sleman teruskan dugaan pelanggaran netralitas ASN ke BKN

Baca juga: Kemenkumham gelar tes CAT bagi notaris di BKN Batam


Selain itu, dia juga menyinggung pelaksanaan seleksi CASN yang berjalan secara paralel antara CPNS dan PPPK di mana saat SKD berlangsung, pendaftaran PPPK juga masih berlangsung.

Pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK juga akan beririsan dengan pelaksanaan SKB CPNS.

Untuk itu, menurutnya, dibutuhkan dukungan dan kerja sama yang baik antara tim BKN pusat, Kanreg BKN, UPT BKN dengan seluruh instansi sehingga proses pelaksanaan seleksi dapat berjalan dengan lancar.

Sebagai informasi, BKN menyiapkan sejumlah titik lokasi atau 'tilok' untuk pelaksanaan SKD CPNS mendatang di antaranya sebanyak 36 'tilok' Kantor BKN se-Indonesia, 'tilok' mandiri BKN sebanyak 75 lokasi, dan 'tilok' mandiri instansi sebanyak 135 lokasi, dan 'tilok' luar negeri sebanyak 93 lokasi.