Jakarta (ANTARA) - Semarang dikenal sebagai salah satu sentra pendidikan di wilayah Jawa Tengah dengan sederet perguruan tinggi berkualitas yang menjadi incaran para pelajar untuk menempuh pendidikan tinggi atau berkuliah.

Terdapat berbagai macam perguruan tinggi unggulan di Semarang, seperti Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Politeknik Negeri Semarang, Akademi Kepolisian.

Selain mempertimbangkan pilihan kampus, calon mahasiswa juga perlu mengetahui perkiraan biaya hidup di Semarang untuk tinggal di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini.

Jika Anda berencana ingin kuliah di Semarang, berikut rincian biaya hidup untuk mahasiswa yang perlu diketahui, dilansir dari berbagai sumber:

Tempat tinggal

Ketika memutuskan untuk merantau kuliah ke Semarang, hal pertama yang perlu dipikirkan yakni tempat tinggal. Untuk biaya sebuah kamar kos di Semarang cukup beragam, bergantung pada lokasi dan fasilitas.

Biaya rata-rata untuk kamar kost standar di Semarang mulai dari Rp400-600 ribu rupiah untuk fasilitas yang ditawarkan biasanya hanya terdapat beberapa furniture seperti tempat tidur, lemari, kipas angin atau ruangan kosong tanpa furniture apa pun.

Sedangkan untuk kamar kost dengan fasilitas ac, tempat tidur, lemari dan kamar mandi dalam harganya mulai dari kisaran Rp800 ribu hingga Rp2-jutaan per bulan.

Makan dan minum

Harga makanan di Semarang termasuk cukup terjangkau. Biasanya terdapat beberapa tempat makan yang menyediakan porsi mahasiswa, Anda bisa mendapatkan satu piring nasi, lauk, dan es teh dengan harga Rp10.000 per porsinya. Selain itu, Anda juga bisa lebih menghemat lagi dengan masak sendiri di kost.

Transportasi

Biaya transportasi tergantung pada jenis kendaraan yang Anda gunakan. Di Semarang tersedia sejumlah transportasi umum, seperti Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang dengan tarif mulai dari Rp1 ribu untuk pelajar dan mahasiswa dengan menunjukkan kartu tanda pelajar atau mahasiswa, serta Rp4 ribu untuk umum pembayaran tunai.

Biaya kebutuhan lainnya

Saat menjadi mahasiswa di Semarang, Anda juga tidak bisa mengesampingkan kebutuhan bulanan, kuota internet untuk mengerjakan tugas, bersosialisasi dengan teman, serta sarana hiburan.

Anda bisa menyisihkan sekitar Rp500 ribu per bulan untuk kebutuhan bulanan. Namun, jumlah ini tergantung pada gaya hidup masing-masing individu. Anda bisa memanfaatkan wifi di kost atau kampus untuk menghemat biaya kuota internet.

Semarang juga dikenal memiliki banyak wisata yang bisa Anda kunjungi untuk sekedar menikmati suasana kota. Anda bisa menyisihkan sedikit budget untuk hiburan kisaran Rp200 ribu atau tergantung dari gaya hidup Anda setiap bulannya.

Baca juga: Ingin tinggal di Jepang? Simak rincian biaya hidup di Negeri Sakura

Baca juga: Rincian biaya hidup di Tangerang pada tahun 2024

Baca juga: Ingin tinggal di Arab Saudi? segini biaya hidup perbulannya