Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar Industrial Education and Training Expo (IDUTEX) 2024 guna mewujudkan pemajuan industri di Tanah Air melalui pemenuhan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan inovatif. Acara yang digelar pada 7 - 9 Oktober di Jakarta tersebut menghadirkan pameran, seminar, pelatihan (coaching clinic) dan job fair, sehingga membantu pelaku industri mendapatkan SDM sesuai kriteria.

"IDUTEX 2024 ini merupakan sebuah kesempatan yang baik bagi seluruh pemangku kepentingan untuk mengetahui bagaimana pendidikan dan pelatihan vokasi dapat berperan signifikan dalam pengembangan industri melalui penyediaan tenaga kerja yang kompeten dan inovatif," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka acara Idutex 2024 di Jakarta, Senin.

Menperin menyampaikan, perlunya kesesuaian atau link and match antara pendidikan dan pelatihan vokasi dengan kebutuhan dunia usaha industri saat ini.

Disampaikannya penyelenggaraan pendidikan vokasi dan pelatihan di lingkungan Kemenperin sepenuhnya telah berjalan selaras dan terkoordinasi dengan dunia industri, mulai dari perencanaan kurikulum, pelaksanaan pendidikan, pelatihan, hingga penempatan kerja dari para lulusan.

Ia mengatakan Indonesia memiliki peluang besar dalam pengembangan SDM karena sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia dan terbesar di ASEAN, dengan persentase bonus demografi usia muda yang dimiliki mencapai 67,5 persen dari total penduduk sebesar 281,6 juta jiwa.

"Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian menyadari betul pentingnya peran SDM dalam mewujudkan industri yang tangguh dan berdaya saing,” katanya.

Lebih lanjut, Menperin menginginkan, program pelatihan jangka pendek dengan konsep 3 in 1 yang mencakup pelatihan, sertifikasi kompetensi, dan penempatan kerja dapat terus dilaksanakan dalam jumlah yang lebih masif.

Upaya ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri yang saat ini mencapai 682.000 per tahun.


Baca juga: Dari Batang untuk pemajuan investasi berkelanjutan
Baca juga: Menperin: Pameran MWO Jepang ajang RI tampilkan pemajuan industri
Baca juga: Pusat pameran terbesar di Indonesia rampung September 2025