Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 102 petenis muda dari 13 negara mengikuti turnamen internasional junior Sportama International Junior Championship 2024 yang kembali digelar di Jakarta.

Selain wakil tuan rumah Indonesia, petenis dari 12 negara ikut serta meramaikan ajang resmi kalender kompetisi ITF World Tennis Tour Juniors level J30 ini.

Mereka berasal dari Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina serta Hongkong, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, India dan China, juga Australia dan Amerika Serikat.

"Pemain junior di bawah 18 tahun sebanyak 102 peserta. Untuk kualifikasi ada 32 draw putra dan putri. Dari Indonesia, main draw 17 putra dan 16 putri," kata Direktur Turnamen Susan Soebakti dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

"Turnamen internasional kita butuhkan. Dengan turnamen diselenggarakan di Indonesia lebih banyak peluang bagi petenis Indonesia untuk mengikuti."

Baca juga: Pelti bakal kembali gelar turnamen ITF di Jakarta pada akhir Oktober

"Seeded satu dan dua putra petenis Indonesia. Seeded satu dan dua putri juga pemain Indonesia," ujar perempuan yang duduk sebagai Ketua Komite Turnamen Tenis PP Pelti itu.

Dua petenis junior andalan Indonesia memuncaki daftar unggulan Sportama ITF J30 Jakarta 2024. Ahmad Fauzan, peringkat 746 dunia junior menjadi unggulan pertama tunggal putra, sementara Mischka Sinclaire Goenadi, peringkat 474 dunia junior, menempati posisi unggulan teratas tunggal putri.

Dalam seri sebelumnya Sportama International Junior Championship 2023, Ahmad Fauzan, yang saat itu non-unggulan, berhasil tembus ke babak final. Namun, ia harus rela menjadi runner-up setelah kalah dari petenis Swiss unggulan kedua Noah Karma 2-6, 6-3, 3-6.

Di sektor putri, petenis Indonesia Cylova Zuleyka Hukmasabiyya berhasil menyabet gelar Sportama International Junior Championship 2023 setelah mengalahkan petenis China Anna Yang dalam dua set langsung.

Baca juga: Petenis Indonesia juara tunggal puteri Detec International Junior

Sejumlah petenis Tanah Air lainnya juga mencatatkan hasil positif di Sportama ITF J30 Jakarta 2023 dengan Anjali Kirana Junarto, Raphael Dandi Perwira Paska, dan Aldhito Ramadhan Dwi Kurniawan lolos hingga semifinal.

Tidak hanya itu, Sportama ITF J30 Jakarta 2023 juga berhasil menyabet gelar ITF Tournament Recognition 2024.

Merujuk laman induk organisasi tenis dunia, anugerah ini diberikan kepada event yang berhasil memuaskan setiap orang yang terlibat, terutama para petenis yang bertanding.

Turnamen harus memenuhi tiga kriteria yang ditetapkan ITF, yaitu kepuasan petenis, peninjauan pengawas turnamen, serta kedisiplinan asosiasi nasional setempat. Kesuksesan turnamen tidak dinilai lewat banyaknya petenis yang ikut serta, namun seberapa puas mereka bertanding.

Baca juga: Sportama ITF J30 Jakarta raih ITF Tournament Recognition Award 2024
Baca juga: Petenis Anjali Kirana borong gelar juara Detec International Junior