Manado (ANTARA) - Sebanyak 40 tim bertarung di turnamen terbuka futsal Piala Panglima TNI dalam rangka HUT ke-79 TNI yang dilaksanakan Kodam XIII/Merdeka di Manado, Sulawesi Utara, Senin.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam sambutan yang dibacakan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya mengatakan, TNI akan selalu berkomitmen dan berkontribusi serta berperan aktif dalam meningkatkan prestasi olahraga nasional melalui berbagai kegiatan olahraga seperti turnamen terbuka ini.

"Tujuan kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahim, kebersamaan dan meningkatkan prestasi serta sportivitas para atlet. prajurit TNI, Polri dan masyarakat. Sekaligus mencari atlet-atlet baru berprestasi dalam cabang futsal," katanya saat membuka kegiatan itu.

Ia mengatakan, sesungguhnya olahraga khususnya olahraga prestasi adalah aktivitas untuk menghasilkan perubahan menyeluruh.

Baik fisik, mental, maupun emosional melalui nilai-nilai yang terkandung di dalam olahraga antara lain nilai-nilai sportivitas, kejuangan, kehormatan, disiplin, tanggung jawab, kerja sama dan percaya pada kekuatan sendiri.

"Hal ini yang kemudian menjadi landasan karakter moral para peserta turnamen ini untuk dapat meningkatkan kemampuannya dengan prestasi yang setinggi-tingginya," katanya.

Ia mengatakan, pada HUT ke-79 TNI, mengusung tema TNI modern bersama rakyat, siap mengawal suksesi kepemimpinan nasional untuk Indonesia maju.

Ini mengandung makna, melalui turnamen ini akan terbangun prajurit TNI dan rakyat dengan jiwa yang sehat dan tangguh.

"Sehingga tercipta atlet-atlet prestasi dan atlet prestasi dari prajurit TNI guna mencapai prestasi untuk kemajuan bangsa dan negara," katanya.

Kejuaraan futsal Piala Panglima TNI yang diikuti 40 tim dari Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah serta Papua itu, berlangsung dari 7-11 Oktober 2024.

Baca juga: Ketua umum baru FFI inginkan transformasi futsal seperti sepak bola
Baca juga: FFI godok sistem pengelolaan liga futsal
Baca juga: FFI: Dukungan Menpora dan Ketum PSSI angkat prestasi futsal Indonesia