Guangzhou (ANTARA) - Pelabuhan Zhuhai di Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau (Hong Kong-Zhuhai-Macao Bridge/HZMB) mencatatkan lebih dari 20.000 kendaraan masuk (inbound) maupun keluar (outbond) pada Sabtu (5/10), yang menandai rekor harian terbaru sejak jembatan tersebut dibuka pada 2018.

Jembatan sepanjang 55 km tersebut menghubungkan Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong, SAR Makau, dan Kota Zhuhai di Provinsi Guangdong di China. HZMB merupakan jembatan dan terowongan penyeberangan laut terpanjang di dunia.

Menurut stasiun inspeksi perbatasan HZMB, sebanyak 453.000 penumpang dan 93.000 kendaraan melintasi pelabuhan Zhuhai di jembatan itu dari Selasa (1/10) hingga Sabtu, lima hari pertama libur Hari Nasional selama sepekan, dengan masing-masing naik 34,33 persen dan 56,38 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Di antara lalu lintas tersebut, kendaraan dengan pelat nomor dari Hong Kong dan Makau melampaui 56.000 unit, menandai peningkatan tahunan sebesar 73 persen.

Para pejabat inspeksi perbatasan mengatakan bahwa berkendara ke China Daratan untuk tujuan wisata dan konsumsi semakin populer di kalangan keluarga Hong Kong dan Makau, terutama selama liburan.

Lebih dari 20 juta penumpang masuk dan keluar telah melakukan perjalanan melalui pelabuhan Zhuhai di jembatan tersebut sepanjang 2024 ini, melampaui total volume sepanjang tahun lalu.