Surabaya (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyelesaikan ujian doktor terbuka program studi pengembangan sumber daya manusia sekolah pascasarjana Universitas Airlangga. "Saya bersyukur karena setelah mengikuti kuliah selama kurang lebih tiga tahun di Unair, bisa selesaikan ujian terbuka di hadapan guru besar dan sivitas akademika Universitas Airlangga," katanya usai mengikuti ujian terbuka doktoral di Unair, Senin.

Ia mengatakan, dalam disertasi tersebut dirinya mengangkat judul "Transformational Leadership and Human Resources Orchestration towards Indonesia Emas 2045".

"Selain saya berharap itu bisa saya kontribusikan untuk pengambilan kebijakan ke depan supaya lebih baik," katanya.

Ia mengatakan pihaknya juga melihat pertumbuhan ekonominya ke depan, sehingga dirinya membuat kalimat ajakan supaya ada pendekatan antara politisi dengan akademisi.

"Karena kalau politisi mengambil keputusan itu harus berdasarkan pada pendekatan ilmiah karena akademisi itu memiliki peran dan kontribusi," katanya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya selangkah demi selangkah menyiapkan sumber daya manusia yang baik. "Karena kemajuan sumber daya manusia dalam sebuah bangsa tergantung pada kemampuan leadership, tergantung pada manusianya," katanya.

Ujian doktor terbuka AHY juga dihadiri sejumlah tokoh negara, termasuk Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Turut hadir mendampingi Pembina Ikawati Kementerian ATR/BPN Annisa Pohan Yudhoyono dan sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN. Menyambut kedatangan AHY, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur beserta jajaran dan Pengurus Ikawati Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: AHY pertahankan disertasi saat jalani sidang doktoral di Unair
Baca juga: AHY ikuti uji kelayakan gelar doktoral di Unair