Jakarta (ANTARA) - Aktris peraih empat kali nominasi Academy Award Saoirse Ronan baru-baru ini menceritakan seberapa sering ia kehilangan sesuatu, termasuk untuk mendapatkan peran Luna Lovegood yang eksentrik dan cantik dalam film Harry Potter.

“Saya pernah melamar Luna Lovegood di Harry Potter beberapa tahun lalu, karena karakter itu seperti karakter Irlandia, jadi mereka mengundang semua orang Irlandia, seperti setengah dari Irlandia untuk datang dan mengikuti audisi, dan saya tahu saya tidak akan mendapatkannya karena saya terlalu muda, tetapi saya harus membacakan sebuah adegan yang akan ada di Harry Potter dan itu adalah hal terkeren yang pernah ada,” kenangnya saat diundang ke acara Jimmy Kimmel Live, yang ditulis laman Deadline, Minggu (6/10).

Namun Ronan tidak menyesali hal itu karena menurutnya ada hal-hal yang terlewat dan muncul lalu yang bisa terpikirkan adalah itu kesalahannya. Ia menyebut ia tidak menolak peran namun hanya tidak mendapatkannya.

Baca juga: Sam Rockwell dan Saoirse Ronan adu akting dalam "See How They Run"
“Saya kalah, lagi. Itu adalah tema yang terus berulang bagi saya,” katanya.

Seperti yang akan diingat oleh para penggemar, Lovegood adalah karakter yang sangat dicintai di dunia sihir, yang akhirnya menjadi anggota tangguh dari Pasukan Dumbledore. Karakter yang sangat spiritual, unik, dan visioner ini diperankan oleh Evanna Lynch mulai dari “Harry Potter and the Order of the Phoenix” hingga akhir waralaba dengan “Deathy Hallows: Part 2”.

Menurut buku-buku JK Rowling, Lovegood pertama kali diperkenalkan saat berusia 14 tahun, dan Lynch berusia sekitar 12 tahun saat syuting film fantasi tahun 2003 tersebut. Sementara itu, Ronan berusia 9 tahun saat itu.

Baca juga: Saoirse Ronan, Sam Rockwell akan bintangi film misteri-thriller
Sebelumnya dalam program tersebut, bintang Little Women tersebut membahas mengenai ketidakmungkinannya untuk bergabung dalam rombongan kolaborator sekaligus pembuat film Greta Gerwig dalam “Barbie”, di mana ia ditetapkan untuk memerankan Barbie Aneh bersama Kate McKinnon, karena konflik jadwal dengan film indie terbarunya “The Outrun”.

Dengan “The Outrun” , Ronan sudah mulai digadang-gadang akan masuk nominasi Oscar. Film yang diangkat dari memoar berjudul sama karya Amy Liptrot ini mengisahkan perjalanan seorang wanita untuk terbebas dari kecanduan alkohol, saat ia pindah dari London ke biara terpencil di Kepulauan Orkney, Skotlandia.

Baca juga: "Ammonite" akan jadi film penutup di Festival Film London

Baca juga: Generasi baru "Little Women" di tangan Greta Gerwig