Jakarta (ANTARA) - Sebanyak dua tunggal putra Indonesia, Bismo Raya Oktora dan Richie Duta Richardo, sama-sama mengemas kemenangan di babak 128 besar Kejuaraan Dunia Junior 2024, meski keduanya memiliki cerita berbeda untuk memetik kemenangan.
Berlaga di Nanchang International Sports Center Gymnasium, China, Senin, Bismo langsung dipaksa kerja keras oleh wakil Portugal unggulan 15 Tiago Berenguer sebelum memetik kemenangan 21-6, 22-20.

Memulai gim pertama dengan kemenangan cukup mudah, Bismo harus menang melalui setting poin 22-20 di gim kedua. Bahkan ia sempat tertinggal 8-11, 11-16 dan 14-18 sebelum mampu mengejar dan membalikkan keadaan.

"Di gim kedua saya malah banyak melakukan kesalahan sendiri, mengubah pola permainan sendiri. Tegangnya malah di gim kedua, mungkin karena ini Kejuaraan Dunia Junior pertama saya," ucap Bismo dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

"Di lapangan satu memang embusan anginnya cukup terasa, selain itu saya juga kurang enjoy bermainnya," lanjut Bismo.

Bismo mengatakan hanya bermain lebih tenang lagi menghadapi juara All England Junior 2024 itu ketika poinnya tertinggal.

"Saat tertinggal, saya mencoba untuk bermain lebih tenang, lebih sabar dan lebih berani untuk menyerang," lanjut Bismo.

Sementara di laga lain, Richie berhasil menang dari Ou Ka Hou asal Makau dengan mulus 21-8, 21-5. Richie bersyukur bisa mendapatkan kesempatan bermain di nomor beregu sehingga di pertandingan pertama nomor perorangan sudah bisa langsung in.

"Puji Tuhan cukup senang dengan penampilan hari ini. Saya sudah main di beregu jadi sudah tahu kondisi lapangan seperti apa," ujar Richie.

"Tidak terlalu signifikan perubahan dari main beregu yang relay point dengan yang sekarang kembali ke normal," tambah Richie.


Baca juga: Indonesia juara Piala Suhandinata 2024
Richie mengungkapkan keinginannya untuk menjadi juara di kompetisi ini setelah di Asia Junior belum mencapai hasil maksimal.

"Saya ingin jadi juara di sini. Tapi, saya tahu tidak akan mudah. Lawan tersulit dari luar pastinya saya mewaspadai China dan Jepang," pungkas Richie.

Indonesia mengirimkan empat wakil tunggal putra ke Kejuaraan Dunia Junior 2024. Selain Bismo dan Richie, tercatat ada nama Moh Zaki Ubaidillah dan Hendry Leander.

Hendry akan memulai perjuangan di babak 128 besar sore nanti melawan Luiz Pongratz asal Jerman sedangkan Zaki alias Ubed otomatis lolos ke babak 64 besar karena mendapat bye.

Baca juga: Pelatih apresiasi penampilan Isyana/Rinjani di final Suhandinata
Baca juga: Tim bulu tangkis junior ungkap kesan usai menangi Piala Suhandinata