Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) siap meluncurkan tema, lagu tema, hingga logo peringatan Hari Santri Tahun 2024 dalam Religion Festival di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta pada 9 Oktober mendatang.

"Religion Festival itu adalah kick off dan launching logo, tema, dan juga theme song (lagu tema) Hari Santri Tahun 2024," kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam Abu Rokhmad dalam kegiatan kumpul media di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, dia menjelaskan melalui peringatan Hari Santri setiap 22 Oktober itu, Kementerian Agama mengajak segenap masyarakat untuk mengenang kembali perjuangan ulama dan santri dalam mengusir penjajah sekaligus mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Kita ingin mengajak para santri dan juga publik secara umum mengenang kembali bagaimana perjuangan para ulama zaman dulu dan para santri yang ikut dalam rangka untuk mengusir penjajah, mempertahankan kemerdekaan. Kita tahu bahwa 22 Oktober sebagai Hari Santri itu mengawali perjuangan 10 November 1945 di Surabaya," kata Abu.

Ia juga menyampaikan melalui peringatan Hari Santri, Kemenag berharap para santri di tanah air mendapatkan spirit para ulama dalam memperjuangkan pengusiran penjajah dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Kami berharap para santri mendapatkan spirit yang kuat dari para ulama terdahulu, bagaimana mereka tidak mengena lelah berjuang, baik secara fisik dan tentu saja juga berjuang secara mental dalam konteks belajar terus-menerus, bukan hanya belajar menuntut ilmu agama, tetapi juga belajar menuntut ilmu-ilmu yang lain," kata dia.

Puncaknya, Abu mengatakan peringatan Hari Santri 2024 akan ditandai dengan Apel Hari Santri pada 22 Oktober mendatang.

Dalam apel itu, seluruh komponen masyarakat dapat ikut serta memeriahkan peringatan Hari Santri. Sementara itu, secara terpisah, Juru Bicara Kemenag RI Sunanto juga menyampaikan bahwa Apel Hari Santri mengundang kehadiran Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto serta pimpinan MPR, DPR, dan pimpinan lembaga negara lainnya.

Baca juga: Kemenag ingin perayaan Hari Santri 2024 dirasakan seluruh masyarakat
Baca juga: Hari Santri Nasional dan peran santri di tahun politik
Baca juga: Menag: Suara santri di Pilpres 2024 tentukan laju bangsa