Peluncuran Ini, serta Bergabungnya Beberapa Praktisi Berpengalaman di Sektor Pasar Modal, Melambangkan Ambisi Bridgewise untuk Mentransformasi Layanan Riset Investasi


New York dan Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- Bridgewise, platform analisis data dan riset finansial untuk perusahaan sekuritas global, hari ini meluncurkan BRIDGETTM, Sarana Investasi dengan AI Percakapan (Conversational AI Investment Tool) yang revolusioner. BRIDGETTM secara khusus dirancang untuk investor institusi, termasuk broker dan platform trading. Dengan fleksibilitas, kemudahan, dan fitur-fitur large language models (LLM) AI, BRIDGETTM mengubah laporan riset investasi biasa menjadi percakapan menarik dan interaktif. BRIDGETTM juga menyediakan rekomendasi investasi yang memenuhi regulasi lewat platform multilingual yang mudah dikustomisasi. Bridgewise saat ini tersedia dalam lebih dari 25 bahasa di 15 pasar, serta mencakup lebih dari 50.000 instrumen keuangan global.










Sebelum melansir BRIDGETTM, Bridgewise juga membuat sejumlah perkembangan penting, termasuk penggalangan dana senilai $21 juta, peluncuran Bridgewise Funds (FundWise), serta bergabungnya sejumlah praktisi pasar modal yang berpengalaman dalam jajaran Advisory Board. Seluruh perkembangan ini tercapai setelah Bridgewise berkembang pesat dalam lima tahun terakhir sejak pertama kali terbentuk pada 2019. Kini, Advisory Board Bridgewise mencakup sejumlah anggota baru, seperti Christian Reuss (mantan CEO, Swiss Stock Exchange), Dato Neto (mantan Managing Director, Banco Model, Brazil), David Lenchus (Managing Director dan Head, Research, HC Wainwright), David Siegel (mantan CEO, Investopedia, dan President, Seeking Alpha), serta Yochai Korn (mantan Global Head, Market Data and Research, Interactive Brokers).




Kelvin Phua, GM, Bridgewise, Asia Pasifik: "Kami sangat gembira menghadirkan BRIDGETâ„¢ di Asia. Wilayah ini sangat potensial menyambut transformasi riset finansial yang didukung AI. Maka, Bridgewise menilai Asia sebagai prioritas strategis utama. Kami terus berkembang pesat dan kini hadir di Thailand, Malaysia, dan Indonesia, serta berekspansi di Uni Emirat Arab. Kami optimis, teknologi Bridgewise dan fitur analisis AI mampu merombak cara kerja pasar modal di Asia Pasifik, serta meningkatkan efisiensi dan memperluas pengaruh Asia Pasifik di pasar modal dunia."




Menurut riset, kontribusi AI generatif (Gen AI) dapat berkisar $200 miliar hingga $340 miliar terhadap pendapatan industri, atau 2,8-4,7% dari pendapatan industri perbankan global[1]. Dengan potensi pertumbuhan yang pesat ini, Gen AI kini menjadi motor penggerak inovasi dan transformasi. Gen AI juga membantu berbagai lembaga keuangan melampaui ekspektasi nasabah dan investor modern yang semakin menginginkan layanan yang lebih cepat, mudah, serta tepat waktu. Bagi lembaga keuangan yang melayani investor institusi berskala global dan regional, ekspektasi tersebut juga kian besar, sebab iklim regulasi lintaswilayah yang kian dinamis dan cepat berubah.




Gaby Diamant, Co-Founder & CEO, Bridgewise, berkata, " Bridgewise BRIDGETTM adalah sarana investasi dengan AI percakapan yang menjadi lompatan penting di industri investasi dan sekuritas global. Dengan menyatukan AI canggih dan kepatuhan regulasi, kami tak hanya meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam keputusan investasi, namun juga menjamin keputusan tersebut diambil secara aman dan memenuhi regulasi. Sebagai salah satu platform riset finansial di dunia yang melayani investor institusi, kami merancang khusus BRIDGETTM sesuai standar dan kebutuhan investor institusi. Sarana ini menjadi terobosan bagi investor institusi yang ingin mengantisipasi perubahan tren, serta membantu analis dan investor mereka ketika berinteraksi dengan data secara lebih intuitif dan menarik demi meningkatkan proses pengambilan keputusan."




Menjawab Sejumlah Tantangan Besar




Di tengah pasar finansial yang bergerak cepat, analis dan investor berhadapan dengan banyak tantangan, termasuk banjir informasi, keterbatasan waktu, serta tuntutan untuk mendapatkan analisis yang akurat dan mudah ditindaklanjuti. Berbeda dari LLM lain, khususnya LLM yang menghasilkan respons tak lazim dan menarik, namun tidak menyediakan rekomendasi investasi yang reliabel, Bridgewise's BRIDGETTM menyajikan analisis investasi yang memenuhi regulasi, termasuk rekomendasi jual/beli spesifik untuk instrumen saham. BRIDGETTM juga mengatasi beberapa kendala AI chatbot, seperti:




  • Opini dan Rekomendasi Investasi yang Kurang Memadai: Chatbot biasanya enggan merekomendasikan pilihan saham, sedangkan BRIDGETTM memberikan anjuran yang mudah ditindaklanjuti, serta memenuhi regulasi, termasuk rekomendasi jual/beli saham secara spesifik.
  • Keahlian Finansial: Berbeda dari LLM pada umumnya, BRIDGETTM memakai Micro Language Model (MLM) khusus yang didesain untuk percakapan seputar investasi dan pasar modal, menawarkan keahlian dan presisi yang sangat tinggi.
  • Halusinasi: Chatbot lain kerap memberikan anjuran yang tidak akurat dan logis, seperti merekomendasikan saham yang sebenarnya tidak beredar, atau saham-saham dengan kondisi fundamental yang buruk. BRIDGETTM mampu mengatasi problem tersebut, menjamin reliabilitas rekomendasi investasi, sebab memiliki MLM yang telah dilatih secara eksklusif untuk memahami dan menangani topik-topik percakapan tentang investasi.
Lembar Fakta Bridgewise BRIDGETTM tersedia di tautanini.




Tentang Bridgewise:




Bridgewise adalah perusahaan analisis data pasar modal yang berbasiskan teknologi. Bridgewise memakai AI yang dirancang secara eksklusif untuk menganalisis lebih dari 90% saham dan produk reksa dana di dunia. Bridgewise mendukung pengambilan keputusan yang dibuat investor institusi dan ritel dalam lebih dari 25 bahasa dan menjangkau 15 negara, termasuk lebih dari 50 investor institusi. Platform teknologi AI generatif Bridgewise telah menghasilkan lebih dari 10 juta analisis yang menyediakan acuan lengkap terhadap instrumen saham dan sekuritas di dunia.




Berdiri pada 2019, Bridgewise menutup kesenjangan informasi di dunia investasi, serta mendemokratisasi akses informasi pasar finansial. Maka, Bridgewise menyediakan riset saham dan reksa dana secara lengkap dan mudah dipahami. Riset-riset ini sebelumnya hanya tersedia untuk lembaga finansial berskala besar.




Bridgewise bermitra dengan berbagai lembaga keuangan di seluruh dunia, termasuk bursa saham, platform trading, perusahaan investasi, penasihat finansial, serta platform media & edukasi finansial. Berkat solusi konten yang didukung AI inovatif, Bridgewise terintegrasi dengan platform finansial, serta ikut meningkatkan kesadaran publik dan aktivitas investor. Dengan demikian, investor dapat mengambil keputusan secara lebih baik.




Informasi lebih lanjut tentang Bridgewise tersedia di tautan ini.