Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Jakarta mengalami kondisi cuaca berawan tebal pada Senin siang.

Cuaca berawan tebal pada Senin siang terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Sementara itu di Jakarta Timur sedikit berbeda yakni cuaca berawan terjadi pada siang hari.

Hujan ringan diprediksi terjadi pada Senin sore di Jakarta Selatan sementara wilayah lain tetap dalam kondisi berawan tebal.

Beranjak pada malam hari sejumlah wilayah mengalami cuaca berawan seperti Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu. Sementara Jakarta Timur dan Jakarta Pusat mengalami cuaca cerah berawan pada malam harinya.

Pada Senin pagi, sebagian wilayah di DKI Jakarta mengalami cuaca berawan tebal seperti Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu. Sementara di Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat dalam kondisi cuaca berawan pada Senin pagi.

Suhu di DKI Jakarta diperkirakan berkisar antara 23 hingga 33 derajat Celcius. BMKG juga menyatakan bahwa kecepatan angin berkisar 2-14 kilometer (km) per jam.

BPBD DKI Jakarta menyebutkan isu megathrust yang berpotensi melanda Pulau Jawa tidak boleh dianggap angin lalu. Pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait (stakeholders) perlu melakukan antisipasi agar tidak menimbulkan korban dan kerugian yang besar.

Adapun sumber-sumber gempa di sekitar Jakarta yang berpotensi berdampak di wilayah Jakarta di antaranya tiga dari sesar aktif. Yakni Sesar Baribis potensi kekuatan Magnitudo (M) 6,5, Sesar Lembang potensi M6,8 dan Sesar Cimandiri potensi M6,7.

Baca juga: BMKG prakirakan cuaca mayoritas kota di Indonesia berawan dan hujan pada Minggu