Jakarta (ANTARA) - Brighton kembali ke jalur kemenangan setelah menekuk Tottenham dengan skor 3-2 pada pekan ketujuh Liga Inggris di Stadion Amex, Brighton, Minggu malam.

Pada pertandingan ini kemenangan Brighton hadir berkat gol dari Yankuba Minteh, Georginio Rutter dan Danny Welbeck, sedangkan Tottenham sempat unggul terlebih dahulu melalui Brennan Johnson serta James Maddison, demikian catatan Premier League.

Hasil ini membuat Brighton mengakhiri catatan tak pernah menang pada empat pertandingan terakhir Liga Inggris setelah sebelumnya mendapatkan tiga hasil imbang serta menelan satu kekalahan.

Kini Brighton naik ke peringkat enam klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 12 poin dari tujuh pertandingan, sedangkan Tottenham harus rela turun ke posisi 10 dengan 10 poin.

Secara statistik pada pertandingan ini Tottenham dapat lebih unggul dengan menguasai 60 persen penguasaan bola serta melepaskan total 13 tendangan, namun Brighton dapat tampil lebih efektif.

Brighton mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada pertandingan ini, akan tetapi Tottenham dapat unggul terlebih dahulu pada menit ke-23.

Berawal dari umpan yang dikirimkan oleh Dominic Solanke, bola dapat diterima oleh Brennan Johnson yang mampu menaklukkan kiper Brighton Bart Verbruggen sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Brighton berbalik memberikan ancaman melalui skema serangan balik dan Kaoru Mitoma dapat melepaskan tendangan, namun bola dapat dihalau kiper Tottenham Guglielmo Vicario.

Tottenham dapat menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit ke-37 setelah umpan dari Timo Werner dapat dikonversikan menjadi gol oleh tendangan terarah James Maddison.

Baca juga: MU lalui lima laga tanpa kemenangan usai imbang lawan Aston Villa

Memasuki babak kedua, Brighton kembali inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat gol yang dicetak Yankuba Minteh setelah memanfaatkan kesalahan Destiny Udogie pada menit ke-48.

Brighton mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-58 setelah umpan terobosan dari Kaoru Mitoma dapat disambut tendangan Georginio Rutter dan tak dapat dijangkau oleh Vicario sehingga skor berubah menjadi 2-2.

The Seagulls dapat membalikkan keadaan menjadi 3-2 setelah umpan silang dari Rutter dapat disambut oleh Danny Welbeck yang berdiri bebas di depan gawang lalu melepaskan sundulan dan menciptakan gol pada menit ke-66.

Pada waktu yang tersisa, Tottenham berupaya untuk setidaknya menyamakan kedudukan, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 3-2 untuk kemenangan Brighton tetap bertahan.

Baca juga: Chelsea gagal kantongi poin penuh saat jamu Nottingham di London

Baca juga: Arsenal lanjutkan tren kemenangan setelah hantam Southampton 3-1