Jakarta (ANTARA) - Robert Lewandowski mengemas trigol untuk membawa menghancurkan Alaves dengan skor 3-0, pada pertandingan Liga Spanyol di Estadio Mendizorrotza, Vitoria-Gasteiz, Minggu.

Kemenangan meyakinkan itu memperkokoh posisi Barca di pucuk klasemen dengan koleksi 24 poin dari sembilan pertandingan, sedangkan Alaves terpuruk di posisi ke-13 dengan 10 poin dari sembilan laga.

Juara bertahan Real Madrid menang atas Villarreal pada Sabtu untuk menyamakan koleksi poin dengan Barca, tetapi tim Katalan tersebut kembali menjauhi kejaran tim ibukota sekaligus memperpanjang start bagus pelatih baru Hansi Flick.

“Saya mendapatkan banyak operan bagus dan memudahkan saya untuk mencetak gol demi gol,” kata Lewandowski seperti dikutip dari AFP.

“Hari ini kami bermain baik mulai dari menit pertama babak pertama, kami ingin menyerang dan mencetak gol. Jika Anda mencetak tiga gol pada babak pertama, kemudian dalam waktu singkat Anda bermain dengan kendali penuh,” tambahnya.



Baca juga: Jadwal LaLiga: Barcelona hadapi Alaves, Real Madrid jamu Villarreal Raphinha sempat mencetak gol untuk Barca tetapi tidak disahkan karena offside. Kemudian pemain Brasil itu melepaskan tendangan bebas yang diteruskan sundulan Lewandowski menjadi gol pada menit ketujuh. 1-0 untuk Barcelona.

Tim tamu menggandakan keunggulan pada menit ke-22. Raphinha kembali menjadi pengumpan saat ia berlari kencang di sisi kiri untuk kemudian mengirimkan umpan silang yang dengan mudah dikonversi menjadi gol oleh Lewandowski.

Kiper Alaves Antonio Sivera sempat membuat penyelamatan bagus saat ia menggagalkan peluang Raphinha dan Lewandowski, sebelum penyerang Polandia Lewandowski melengkapi torehan trigolnya.

Marc Casado mengoperkan bola kepada Eric Garcia, dan ia meneruskannya lagi kepada Lewandowski untuk memaksa kiper Sivera kembali memungut bola untuk ketiga kalinya pada menit ke-32.

Alaves sempat mencetak gol balasan sebelum turun minum dari sundulan Toni Martinez, tetapi Nahuel Tenaglia berada dalam posisi offside saat proses terjadinya gol.

Peluang lain milik Martinez digagalkan tiang gawang pada babak kedua, ketika ia mampu mengungguli kiper Barca Inaki Pena. Di sisi lain lapangan, Sivera melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan peluang Ansu Fati.

Alaves kembali memiliki gol yang tidak disahkan saat Santiago Mourino menanduk bola tendangan bebas, tetapi ia telah berada dalam posisi offside.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Girona meraih kemenangan 2-1 atas tamunya Athletic Bilbao. Girona unggul terlebih dahulu melalui gol Yaser Asprilla pada menit ke-39, sebelum Oihan Sancet menyamakan kedudukan untuk Athletic Bilbao pada menit ke-41.

Christian Stuani kemudian menjadi pahlawan Girona saat eksekusi penaltinya pada menit ke-99, berbuah gol kemenangan, yang mendongkrak Girona ke posisi ke-11 dengan 12 poin. Sedangkan Athletic Bilbao tertahan di posisi keenam dengan 14 poin.

Baca juga: Menang 2-0 atas Villarreal, Real Madrid samai poin Barcelona

Baca juga: Profil Takefusa Kubo, pemain binaan Barcelona yang meroket bersama Sociedad