Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Madrid, Spanyol, mempromosikan budaya Indonesia dalam acara resepsi diplomatik yang diadakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI dan HUT TNI ke-79 pada Kamis (3/10) di Madrid.

Acara tersebut dihadiri lebih dari 200 tamu dari kalangan korps diplomatik, korps militer, pejabat pemerintah setempat, pelaku bisnis, media, Friends of Indonesia (FOI), dan diaspora Indonesia, menurut keterangan KBRI Madrid yang diperoleh ANTARA, Minggu.

Resepsi diplomatik pada 2024 itu menjadi salah satu ajang bagi KBRI Madrid untuk mempromosikan budaya Indonesia. Tamu yang hadir langsung disambut oleh 20 mahasiswa Indonesia yang memakai busana adat Nusantara, menurut keterangan tersebut.

Tamu resepsi juga dapat mengunjungi ‘Batik Corner’, yang tidak hanya menampilkan karya-karya batik Indonesia, tetapi juga peragaan cara membatik.

Ada juga penayangan profil TNI dan Industri Pertahanan Indonesia untuk mempromosikan kapasitas militer Indonesia saat ini.

Acara tersebut juga menyuguhkan pameran budaya berupa pertunjukan tari tradisional, dan promosi kuliner Indonesia dengan berbagai makanan khas Indonesia.

Duta Besar RI untuk Spanyol Muhammad Najib dalam pidatonya menyampaikan bahwa hubungan bilateral Indonesia-Spanyol yang terjalin sejak 1958 semakin kuat di berbagai bidang kerja sama.

Dia juga menyampaikan harapan untuk hubungan Indonesia dan Spanyol yang semakin erat di masa-masa mendatang.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Direktur Jenderal Amerika Utara, Eropa Timur, Asia dan Pasifik, Kementerian Luar Negeri Spanyol, Carlos Moreno Blanco yang turut memberikan sambutan sebagai tamu kehormatan di acara itu.

Moreno menuturkan bahwa Indonesia merupakan mitra yang penting bagi Spanyol di Asia Pasifik.


Baca juga: KBRI Madrid jadi tuan rumah peringatan ASEAN Day di Spanyol

Baca juga: KBRI Madrid fasilitasi babak baru hubungan ekonomi RI ke Spanyol


Ibu kota Spanyol bermandikan cahaya selama gelaran LuzMadrid