Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Kenya, Mohamad Hery Saripudin, menyoroti capaian kerja sama kedua negara dalam acara resepsi diplomatik.

"Kami terus mendorong agar jalinan kolaborasi di antara pebisnis RI-Kenya dapat terus meningkat," kata Hery dalam acara yang digelar pada Jumat, seperti dikutip dalam rilis pers KBRI pada Minggu.

Dalam sambutannya pada acara itu, dia mengatakan bahwa capaian kerja sama itu ditandai dengan implementasi berbagai kesepakatan bilateral, termasuk 15 nota kesepahaman (MoU) yang diteken selama kunjungan Presiden Joko Widodo di Kenya pada Agustus 2023.

Hery menyoroti kesuksesan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2 yang digelar di Bali dan acara Indonesia-Nairobi Expo (IndoNEX) ke-2 pada September.

Dia juga memuji kerja sama RI-Kenya di forum multilateral dalam upaya global untuk melestarikan lingkungan dan penyelesaian isu kemanusiaan.

Hery menegaskan komitmen Indonesia untuk terus mempererat hubungan dan meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Kenya.

Untuk itu, dia mengungkapkan harapannya agar Presiden Kenya William Samoei Ruto dapat berkunjung ke Indonesia untuk merayakan 70 tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada April 2025.

Menteri Pertambangan dan Ekonomi Biru Kenya, Hassan Ali Joho, yang hadir pada acara itu, menyebut KAA pada 1955 sebagai cikal bakal KTT Non-Blok dan Kerja Sama Selatan-Selatan.

Dia juga mengapresiasi IAF ke-2 yang mendorong kerja sama konkret di bidang energi hijau berkelanjutan, ekonomi biru, pengembangan vaksin, dan penanganan perubahan iklim.

Baca juga: Indonesia catat potensi transaksi Rp32 miliar pada IndoNEX 2024 Kenya
Baca juga: 45 tahun RI-Kenya, KBRI Nairobi gelar IndoNEX 2024