Jakarta (ANTARA) - Komisi Informasi (KI) Provinsi DKI optimistis rapat paripurna perdana DPRD Provinsi DKI Jakarta untuk periode 2024-2029 menjadi penentu arah kebijakan dan masa depan Jakarta yang lebih baik.
"Saya mengucapkan selamat atas pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2024-2029 sekaligus penyelenggaraan rapat paripurna perdana pada hari ini," kata Ketua Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta, Harry Ara Hutabarat dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: KI DKI bahas urgensi revisi UU KIP dengan KI Jatim
Harry mengatakan kelima pimpinan DPRD sudah mengucapkan sumpah atau janji secara definitif.

Kelimanya yakni Khoirudin(Ketua DPRD), Rani Mauliani (Wakil Ketua), Wibi Andrino (Wakil Ketua), Basri Baco (Wakil Ketua) dan Ima Mahdiah (Wakil Ketua).

Dia berharap anggota DPRD yang baru dapat menjalankan amanah dengan baik terutama dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan.

Baca juga: KI DKI: Banyak civitas academica belum tahu UU KIP
Menurut dia keterbukaan informasi publik merupakan kunci utama dalam membangun kepercayaan antara pemerintah dan masyarakat, serta menjamin hak warga negara untuk mendapatkan informasi.

“Kemajuan kota Jakarta salah satunya ditentukan oleh kualitas tata kelola layanan informasi publik sebagai kunci utama dalam membangun kepercayaan antara pemerintah dan masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, kesiapan KI DKI Jakarta untuk berkolaborasi dengan DPRD DKI Jakarta dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel melalui implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Baca juga: KI DKI nyatakan 41,6 persen badan publik lolos ke tahap presentasi
“Untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik di Jakarta, Komisi Informasi DKI Jakarta tentu siap berkolaborasi dengan DPRD DKI Jakarta untuk memastikan hak akses masyarakat terpenuhi hingga mendorong Jakarta sebagai kota global dan informatif,” ucapnya.

Rapat paripurna ini diwarnai dengan penyerahan dokumen resmi serta pengambilan sumpah jabatan oleh anggota DPRD yang baru.

Dalam kesempatan tersebut, para anggota dewan diingatkan untuk selalu mendengarkan aspirasi masyarakat dan berupaya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi di ibu kota.

Diketahui, acara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh politik, pejabat pemerintah daerah, serta masyarakat umum.