Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi dan pengabdian mereka terhadap NKRI.

Hadi mengucapkan itu pada sela-sela kegiatannya menghadiri puncak peringatan HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu.

“Kepada segenap prajurit dan keluarga besar Tentara Nasional Indonesia di mana pun berada dan bertugas, saya beserta keluarga besar Kemenko Polhukam mengucapkan selamat memperingati Hari Ulang Tahun Ke-79 Tentara Nasional Indonesia,” kata Hadi Tjahjanto yang pernah menjabat sebagai panglima TNI pada 2017–2021.

Dalam kesempatan yang sama, dia pun berpesan kepada para prajurit TNI untuk mewujudkan visi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, yaitu TNI yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif (PRIMA).

“Terima kasih atas dedikasi dan pengabdian seluruh anggota TNI. Teruslah berpedoman kepada Sapta Marga untuk mewujudkan TNI Prima,” kata Hadi Tjahjanto.

Hadi menghadiri puncak peringatan HUT Ke-79 TNI hari ini bersama menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju. Dalam rangkaian puncak peringatan itu, Presiden RI Joko Widodo memimpin langsung upacara HUT Ke-79 TNI sebagai inspektur upacara.

Di lokasi yang sama, tepatnya di area Mimbar Kehormatan, Presiden Jokowi ditemani oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan cucunya Jan Ethes. Ada juga Menteri Pertahanan/Presiden Terpilih Prabowo Subianto, dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Dalam amanatnya saat upacara, Presiden Jokowi juga berterima kasih kepada TNI yang mendukung tugas-tugas kepresidenan dan mendukung pemerintahannya selama 10 tahun.

“10 tahun memimpin pemerintahan, saya merasakan betul peran dan kontribusi nyata TNI dalam menjaga kedaulatan negara, menjaga persatuan dan stabilitas politik, serta membantu mengatasi berbagai tantangan dan krisis,” kata Presiden Jokowi.

Puncak peringatan HUT Ke-79 TNI di Monas tidak hanya diisi oleh upacara, tetapi juga rangkaian aksi unjuk kemampuan dari para prajurit mulai dari terjun payung, mendaki serbu, pertempuran menggunakan drone dan perangkat anti-drone, kemudian manuver-manuver dari penerbang aerobatik TNI AU dan TNI AL.

Kemudian, acara itu dilanjutkan dengan parade (defile) pasukan, pawai alutsista, kemudian ditutup dengan panggung rakyat yang dimeriahkan oleh MC-MC ternama serta musisi seperti Ari Lasso, Slank, Dewa, dan NDX/Aka.

Baca juga: Ribuan peserta ramaikan Nusantara TNI Fun Run di Kota Nusantara
Baca juga: HUT Ke-79 TNI, Kepala BNPT harap TNI makin kuat dan bersinergi