Timika (ANTARA News) - Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua menegaskan TNI mendukung siapa pun yang terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI padal Pemilu Presiden 9 Juli nanti.

"Dua pasangan yang maju pada Pilpres kali ini merupakan calon-calon terbaik bangsa dan negara. Soal nantinya siapa yang terpilih, rakyatlah yang menentukan itu. Tentara mendukung siapa pun yang terpilih," kata dia kepada Antara di Timika, Papua, Sabtu.

Ia menegaskan hal itu menyusul makin gencarnya sorotan soal netralitas prajurit TNI menjelang Pemilu Presiden tahun ini pada sejumlah daerah di Indonesia, termasuk kasus babinsa di Jakarta.

Menyinggung keterlibatan oknum bintara pembina desa (babinsa) yang mendata warga untuk memilih Capres-Cawapres tertentu sebagaimana terjadi di Jakarta, Mayjen Christian Zebua dengan tegas menyatakan bahwa di Papua tidak ada yang seperti itu.

"Kalau di Papua tidak ada. Kalau di luar Papua saya belum tahu," ujarnya.

Ia mengatakanseluruh prajurit TNI di Kodam XVII/Cenderawasih sudah berulang kali diingatkan untuk netral pada Pemilu Presiden kali ini.

"Saya akan menindak tegas apabila terdapat bukti bahwa prajurit TNI berpihak kepada salah satu calon," ujarnya.