Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengapresiasi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang memberikan anugerah tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama
kepada Panglima TNI dan tiga kepala staf angkatan di TNI. "Tanda kehormatan akan semakin meningkatkan kerja sama dan kekompakan seluruh jajaran Polri dan TNI dalam menjalankan tugasnya," kata Edi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan adanya sinergi dan kekompakan seluruh jajaran Polri dan TNI yang sudah terjalin selama ini akan menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam beraktivitas.

"Apalagi masyarakat selama ini melihat Kapolri, Panglima TNI dan tiga kepada staf angkatan juga kerap hadir di tengah masyarakat, bukan hanya dalam tugas tapi juga ikut bersama-sama menghibur masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, kekompakan dan sinergi TNI dan Polri kerap juga terlihat di daerah saat para kapolda, pangdam atau para kapolres dan dandim melakukan kegiatan sosial.

Baca juga: Kapolri anugerahkan Bintang Bhayangkara Utama kepada 4 petinggi TNI
Sinergi TNI dan Polri, kata dia, banyak dirasakan masyarakat antara lain pengamanan pemilu, pilkada, berbagai agenda nasional dan internasional, pengamanan mudik, Lebaran, Natal dan hadir bersama saat terjadi bencana alam.

Dia mengatakan tentunya masyarakat mengharapkan sinergi antara Polri dan TNI yang sudah terjalin akan terus dijaga dan ditingkatkan.

"Kami melihat sinergi kedua institusi negara ini saling mendukung dan melengkapi dalam menjalankan tugas," kata pengajar Pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menganugerahi tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama kepada Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (4/10).

Baca juga: Lemkapi menilai dua jabatan baru di Polri untuk tingkatkan kinerja

Bintang Bhayangkara Utama juga diberikan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Muhammad Ali dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono.
Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pemberian tanda kehormatan tersebut merupakan wujud komitmen kokohnya sinergi TNI dan Polri yang sudah terjalin selama ini.

Dedi mengatakan sinergi antara dua institusi tersebut dibangun dalam rangka untuk terus menjaga keamanan, ketertiban dan keberlanjutan pembangunan untuk Indonesia Maju 2045.

Dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 4 Tahun 2012 disebutkan bahwa terdapat tiga tanda kehormatan Bintang Bhayangkara, yakni Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama dan Bintang Bhayangkara Nararya.

Bintang Bhayangkara Utama adalah yang tertinggi, disusul dengan Bhayangkara Pratama dan Bhayangkara Nararya.