Jakarta (ANTARA) - Para pelaku UMKM menyambut baik keterlibatan mereka di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 yang diyakini membawa dampak positif bagi promosi dan penjualan produk UMKM.

"Saya berterima kasih kepada pemerintah yang sudah memberikan tempat bagi kami di acara sekelas Peparnas ini," ujar Dimas Pranoto, pedagang UMKM tahu petis di Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu.

Menurut Dimas, dengan tidak membebani pelaku UMKM dengan biaya apapun untuk berpartisipasi memeriahkan Peparnas 2024, pemerintah membantu UMKM berkembang dan naik kelas.

Melihat komitmen penuh pemerintah untuk UMKM selama Peparnas 2024, Dimas optimistis dia dan pelaku UMKM lainnya bisa memperkenalkan produk mereka ke masyarakat serta mendapatkan peningkatan omzet.

Dia pun memperkirakan bisa mendapatkan omzet sekitar Rp5 juta-Rp6 juta per hari selama pelaksanaan Peparnas 2024 yakni pada 6-13 Oktober.

Baca juga: Gibran Optimistis Peparnas 2024 Angkat Ekonomi Solo

"Itu karena Peparnas ini dihadiri oleh atlet, ofisial dan pengunjung dari seluruh Indonesia. Kalau masyarakat mengalir terus untuk menyaksikan Peparnas, omzet harian bisa naik sekitar 300 persen dari saat saya jualan biasa," tutur dia.

Apa yang disampaikan Dimas senada dengan pedagang UMKM yang menjual jersi Peparnas 2024, Miun.

Pria asal Bogor itu mengaku antusias dapat ikut memeriahkan Peparnas 2024 lantaran merasakan pemerintah setempat sangat mendukung kehadiran UMKM selama pesta olahraga multicabang untuk kelompok disabilitas tersebut.

"Dengan adanya Peparnas ini, UMKM merasa sangat terbantu. Kami tidak dikenakan biaya untuk beraktivitas di Peparnas. Saya memperkirakan omzet naik 70 persen per hari, yang kalau dirupiahkan bisa saja sekitar Rp5 jutaan," kata Miun.

Baca juga: NPC: Peparnas 2024 catatkan sejarah baru diikuti 35 provinsi

Peparnas 2024 di Surakarta akan dibuka pada Minggu (6/10) di Stadion Manahan, rencananya oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam rangkaian pembukaan tersebut, yang dimulai pukul 15.00 WIB, Panitia Peparnas 2024 juga memulai Festival Peparnas UMKM di pelataran Stadion Manahan.

Ada sekitar 60 pelaku UMKM yang ikut dalam festival tersebut. Nantinya, mereka akan berada di lokasi hingga Peparnas 2024 selesai.

Untuk mengikuti pembukaan itu, Panitia Peparnas 2024 telah membagikan sebanyak 9.895 tiket gratis kepada masyarakat.

Peparnas 2024, yang berlangsung pada 6-13 Oktober 2024, mempertandingkan 20 cabang olahraga yaitu para-panahan, para-atletik, para-bulu tangkis, boccia, para-catur, para-balap sepeda, sepak bola cerebral palsy, para-tenis meja, judo tunanetra, para-angkat berat, para-menembak, para-renang, para-taekwondo, voli duduk, tenpin bowling, anggar kursi roda dan tenis kursi roda serta dua cabang olahraga eksibisi yakni para-e-sport dan bola basket kursi roda.

Lebih dari 4.300 atlet dan ofisial yang berasal dari 35 provinsi dipastikan tampil di Peparnas tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi direncanakan buka Peparnas 2024
Baca juga: Pj Gubernur Jateng pastikan beri pelayanan terbaik kontingen Peparnas