Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, untuk bertindak sebagai inspektur upacara dalam agenda perayaan HUT TNI Ke-79 RI, Sabtu.

Presiden Jokowi tiba di lokasi acara sekitar pukul 07.30 WIB bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka beserta dan Jan Ethes.

Baca juga: TNI peringati HUT Ke-79 terpusat di Monas, 100.000 prajurit dilibatkan

Presiden disambut oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di depan pintu mobil Kepresidenan RI-1. Kemudian di area masuk Mimbar Kehormatan, Presiden disambut oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan jajaran pejabat TNI-Polri.

Pembukaan HUT TNI ke-79 ditandai dengan penampilan drumband dari peserta didik akademi militer dan atraksi penerbangan dari Cessna dan Rajawali Laut di langit sekitar kawasan Monas.

Setelah itu, pasukan upacara dari 22 batalyon pasukan TNI memasuki lapangan acara, diikuti dengan kedatangan Presiden RI Joko Widodo, dan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin.

Bertindak sebagai Komandan Upacara HUT TNI Ke-79 kali ini Mayjen TNI Djon Afriandi yang kini menjabat sebagai Komandan Jenderal Kopassus Lulusan Akademi Militer 1995.

Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Agus Subianto melakukan pengecekan pasukan dengan berkeliling lapangan upacara menggunakan mobil taktis Maung Pindad.

Acara inti HUT TNI Ke-79 bertema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" itu meliputi laporan resmi, penghormatan kebesaran, serta penganugerahan tanda kehormatan.

Setelahnya, berbagai demonstrasi dari satuan gabungan TNI seperti free fall, pasukan berkuda, dan atraksi pesawat tempur tampil memukau para penonton.

Baca juga: Anggota DPR: HUT TNI harus jadi momen dorong kesejahteraan prajurit

Acara diakhiri dengan penampilan musik dari berbagai artis ternama, termasuk Ari Lasso, Dewa 19 dan Slank, serta prosesi pemotongan tumpeng yang melibatkan Presiden dan tokoh masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Puan Maharani, Wakil Presiden Ke-6 RI Tri Sutrisno, Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 RI Jusuf Kalla, Wapres Ke-11 RI Budiono, dan Istri dari Presiden RI Ke4 Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Abdurahmman Wahid.

Selain itu juga hadir para ketua lembaga tinggi negara beserta perwakilan dari duta besar negara sahabat.

Hadir mendampingi Presiden Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Sekretaris Negara sekaligus Plt Sekretaris Kabinet Pratikno.

Selain itu juga hadir jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM), di antaranya Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca juga: 79 tahun TNI perkuat pertahanan tanpa laras panjang
Baca juga: Transformasi TNI di tengah tantangan geopolitik