Jakarta (ANTARA) - Paris Saint-Germain resmi mendatangkan Lee Kang-in, pemain sepak bola muda asal Korea Selatan yang lahir pada 19 Februari 2001 di Incheon.

Lee Kang-in dikenal sebagai gelandang serang atau winger yang kini bermain untuk PSG di Ligue 1 dan juga tim nasional Korea Selatan.

Kariernya yang sukses telah membuatnya menjadi salah satu pemain Asia yang patut diperhitungkan di panggung sepak bola Eropa.

Bakat sepak bolanya sudah terlihat sejak dini. Pada usia enam tahun, Lee bergabung dengan tim lokal Incheon United, di tempat itu dia melatih kemampuannya terus berkembang.

Bakat luar biasa Lee tidak lepas dari perhatian klub besar Eropa. Pada usia 10 tahun, dia direkrut oleh akademi Valencia yang ada di Spanyol, akademi itu terkenal melahirkan pemain-pemain berbakat.

Ayahnya yang merupakan guru taekwondo memutuskan untuk membawa keluarga mereka ke Spanyol demi mendukung mimpi Lee menjadi pesepak bola profesional.

Di akademi Valencia, Lee terus berkembang dan menjadi salah satu pemain paling menjanjikan di tim muda mereka yaitu Valencia B atau Mestalla.

Pada Oktober 2018, Lee mencatat sejarah sebagai pemain Asia pertama yang tampil untuk tim utama Valencia di La Liga, debut yang membuatnya semakin dikenal di dunia sepak bola internasional.

Setelah meninggalkan Valencia, Lee melanjutkan kariernya di Real Club Deportivo Mallorca.

Di sana, dia memiliki peran penting dalam menjaga posisi Mallorca di La Liga dan membantu mereka mencapai peringkat kesembilan di liga yang menjadi pencapaian luar biasa.

Pada tahun 2023, Lee mengambil langkah besar dalam kariernya dengan bergabung bersama Paris Saint-Germain, klub raksasa Prancis, yang terus meningkatkan namanya di kancah sepak bola Eropa.

Di tingkat internasional, Lee juga tidak kalah bersinar. Pada tahun 2019, dia membawa Korea Selatan ke final Piala Dunia U-20, di mana dia dianugerahi penghargaan Golden Ball sebagai pemain terbaik turnamen tersebut.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, Lee kembali menunjukkan kehebatannya dengan mencetak tiga gol dalam empat pertandingan sehingga membawa Korea Selatan ke perempat final.

Lee dipanggil ke tim nasional senior Korea Selatan untuk bermain di Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar.

Dia terus tampil di semua pertandingan Korea Selatan demi membantu tim mencapai babak 16 besar sebelum akhirnya kalah dari Brasil. Kontribusinya di tim nasional berlanjut pada Asian Games 2023, di mana dia memainkan peran kunci dalam kemenangan tim U-23.

Kemenangan 2-1 atas Jepang di final tidak hanya membawa medali emas, tetapi juga pengecualian dari wajib militer untuk seluruh skuad.

Dengan pengalaman bermain di berbagai kompetisi internasional dan kini membela salah satu klub terbesar di dunia, masa depan Lee Kang-in terlihat cerah. Saat ini, Lee Kang-in terikat kontrak dengan Paris Saint-Germain hingga tahun 2028.

Baca juga: Son minta maaf telah berselisih dengan Lee saat Piala Asia 2023

Baca juga: PSG datangkan pemain Korsel Lee Kang In dari Real Mallorca

Baca juga: Profil Hwang Hee-Chan, penyerang klinis dari Negeri Gingseng