Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa hukum telah diwartakan oleh pewarta Kantor Berita ANTARA pada Jumat (4/10). Berikut beberapa berita pilihan yang masih menarik dibaca pagi ini.

1. Kapolri anugerahkan Bintang Bhayangkara Utama kepada 4 petinggi TNI
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menganugerahi tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama (BBU) kepada empat petinggi TNI.

Empat petinggi TNI itu adalah Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono.

Baca selengkapnya di sini.



2. BNN peringatkan ada modus kerja di luar negeri jadi sindikat narkoba
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komisaris Jenderal Polisi Dr. Marthinus Hukom memperingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan tawaran bekerja ilegal di luar negeri karena bisa terjebak dalam sindikat kejahatan internasional, seperti narkoba.

"Jika ingin bekerja di luar negeri, ikutilah prosedur yang legal sehingga tidak terjebak dalam sindikasi kejahatan internasional," ujar Marthinus.

Baca selengkapnya di sini.


3. Kapolda Kalbar: Tambang emas ilegal libatkan WNA rugikan Rp1 Triliun
Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Pipit Rismanto mengatakan aktivitas tambang emas ilegal yang melibatkan warga negara asing (WNA) di wilayahnya

mengakibatkan kerugian negara hingga angka fantastis, yaitu Rp1,020 triliun.

"Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kerugian negara akibat aktivitas ini mencapai angka fantastis, yaitu Rp1,020 triliun, yang berasal dari hilangnya cadangan emas sebesar 774,27 kg dan perak sebanyak 937,7 kg. Kerugian tersebut berasal dari hilangnya cadangan emas sebesar 774,27 kg dan perak sebanyak 937,7 kg," kata Pipit.

Baca selengkapnya di sini.



4. Korpolairud bongkar praktik ilegal pengelolaan benih lobster di Banten
Korpolairud Baharkam Polri membongkar praktik ilegal pengelolaan hasil laut, yakni benih bening lobster (BBL), yang dilakukan di Kabupaten Lebak, Banten.

Dalam konferensi pers di Gedung Baharkam Polri, Jakarta Utara, Kasubdit Gakkum Korpolairud Baharkam Polri Kombes Pol. Donny Charles Go memaparkan bahwa jajarannya membongkar praktik tersebut pada Selasa (1/10) di Kampung Rempong, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Lebak, Banten, pukul 10.30 WIB.

Baca selengkapnya di sini.



5. Gubernur sebut kondisi Papua Pegunungan telah aman
Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Felix Wanggai mengatakan bahwa kondisi kamtibmas di provinsi itu berangsur aman pascakonflik antara warga Kabupaten Nduga dan Lanny Jaya.

"Salah satu upaya kami dalam menyelesaikan konflik tersebut dengan memperkuat koordinasi lintas sektor, dalam hal ini pihak keamanan, tokoh adat, masyarakat, penjabat bupati," katanya.

Baca selengkapnya di sini.