Istanbul (ANTARA) - Ribuan warga sipil, termasuk anak-anak, perempuan, lansia, dan penyandang disabilitas yang terpaksa mengungsi ke selatan Jalur Gaza, terjebak di jalan-jalan yang oleh Israel disebut sebagai "koridor keamanan."

Jalan-jalan ini, yang dipromosikan Israel sebagai “koridor kemanusiaan,” berubah menjadi "koridor kematian" bagi warga Gaza.

Koridor “aman” yang dibuka Israel, sambil menjatuhkan bom pada warga sipil yang mengungsi dari utara ke selatan, kini dipenuhi tubuh tak bernyawa dan bagian-bagian tubuh yang membusuk.

Hampir semua dari 2,3 juta penduduk Palestina di Jalur Gaza telah berulang kali terusir dari tempat tinggal mereka selama hampir satu tahun peperangan.

Menurut otoritas kesehatan setempat, hampir 41.780 orang tewas, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, dan hampir 96.800 lainnya terluka akibat serangan Israel yang berlanjut di Jalur Gaza setelah serangan oleh kelompok Hamas pada 7 Oktober lalu.

Dalam artikel keduanya tentang Satu Tahun Genosida Israel di Gaza, Anadolu mengumpulkan informasi tentang pembantaian yang dilakukan Israel sejak 7 Oktober di wilayah yang disebut zona aman di Jalur Gaza.

Sejak 7 Oktober 2023, tentara Israel menggunakan pengusiran paksa sebagai senjata terhadap warga Palestina melalui perintah evakuasi.

Israel berulang kali meminta warga Gaza untuk meninggalkan rumah mereka dengan membagikan peta baru dan menjatuhkan selebaran dari udara.

Setelah perintah evakuasi dari otoritas Israel, perjalanan pengungsian dimulai di berbagai bagian Gaza dari utara ke selatan.

Rumah sakit, sekolah, dan kamp-kamp yang dijadikan tempat perlindungan bagi keluarga-keluarga yang mengungsi, terus-menerus menjadi target pengeboman Israel, serangan artileri, dan tembakan langsung dari tentara, meskipun berada di area yang dinyatakan “aman.”

Menurut data PBB, sembilan dari setiap sepuluh orang yang tinggal di Gaza telah mengungsi akibat serangan Israel sejak 7 Oktober. Berdasarkan data yang sama, mayoritas warga Palestina di Gaza telah mengungsi setidaknya sekali setiap bulan.

Dengan demikian, warga Palestina mengalami “Nakba” kedua.

Palestina menggunakan kata "Nakba" untuk merujuk pada peristiwa tahun 1948, ketika milisi Zionis bersenjata memaksa ratusan ribu warga Palestina meninggalkan rumah dan desa mereka di bawah tekanan pengeboman dan pembantaian massal di tanah Palestina yang bersejarah, mendorong mereka lebih jauh ke Jalur Gaza, Tepi Barat, dan negara-negara tetangga, sebagai bagian dari pembersihan etnis besar-besaran sebelum deklarasi kemerdekaan Israel.

Seruan untuk Warga Utara 'Pindah ke Selatan demi Keamanan'

Tentara Israel memberi lebih dari satu juta orang di utara Jalur Gaza tenggat waktu 24 jam untuk meninggalkan rumah mereka dan pindah ke selatan Lembah Gaza, di mana Israel melancarkan invasi penuh pada 27 Oktober 2023.

Pada tanggal yang sama, otoritas Israel memberi tahu penduduk Kota Gaza bahwa "demi keselamatan Anda dan keluarga Anda, pindahlah ke selatan."

Ribuan warga Palestina yang tinggal di utara, yang telah menjadi sasaran serangan udara dan pendudukan darat Israel, dipaksa melarikan diri ke Rafah, Khan Younis, dan Deir al-Balah di Gaza bagian selatan dan tengah untuk mencari tempat aman.

Namun, tentara Israel membombardir warga sipil yang dipaksa mengungsi ke zona-zona yang disebut “aman.”

Pendudukan Rafah dan Khan Younis

Tentara Israel, yang juga berada di gerbang kota Rafah di selatan, tempat pengungsi dari Gaza utara berlindung, menyebarkan selebaran di timur kota, meminta penduduk untuk meninggalkan rumah mereka dan pindah ke barat.

Tentara Israel, yang menyatakan akan melakukan operasi militer di kota tersebut, menduduki Rafah, yang sebelumnya dinyatakan sebagai "zona aman" dan menjadi tempat perlindungan bagi sekitar 1,5 juta warga Palestina, pada 7 Mei.

Tentara Israel yang menargetkan warga Palestina yang mengungsi, menjatuhkan rudal dan bom pada warga sipil di Rafah dan melakukan banyak pembantaian.

Pada 26 Mei, tentara Israel membombardir tenda-tenda pengungsi di Rafah. Setidaknya 45 warga Palestina, termasuk 23 perempuan, anak-anak, dan lansia, tewas dalam serangan tersebut dan kebakaran yang terjadi, sementara 249 orang lainnya terluka.

Seruan untuk Pergi ke Zona Aman Mevasi

Israel memaksa warga sipil yang mengungsi di Rafah setelah serangan darat pada 6 Mei untuk pindah ke al-Mawasi di barat Khan Younis.

Ribuan pengungsi Palestina yang berlindung di Rafah memindahkan tenda mereka ke Khan Younis dan Deir al-Balah.

Pada bulan Juli, tentara Israel melancarkan serangan intensif di wilayah timur Khan Younis, yang sebelumnya dinyatakan sebagai "zona aman."

Pemerintah Gaza melaporkan pada 24 Juli bahwa 129 orang tewas, 416 orang terluka, dan 44 orang hilang dalam serangan di timur Khan Younis selama tiga hari berturut-turut.

Israel terus mengeluarkan perintah evakuasi di beberapa area al-Mawasi, di mana hampir tidak ada lagi ruang untuk tenda karena aliran pengungsi yang terus berlanjut.

Serangan di Timur Deir al-Balah, Zona 'Kemanusiaan' Lainnya

Ribuan warga Palestina yang tinggal di berbagai wilayah Jalur Gaza bergerak ke kota Deir al-Balah di Gaza tengah, setelah pengeboman di daerah perlindungan mereka dan peringatan evakuasi dari tentara Israel.

Pada bulan Agustus, tentara Israel mengumumkan akan melancarkan serangan di timur Deir al-Balah, yang sebelumnya dinyatakan sebagai “zona kemanusiaan,” dan meminta warga Palestina di sana untuk mengungsi ke barat.

Tentara Israel juga melancarkan beberapa serangan di Deir al-Balah, menewaskan banyak warga sipil dalam serangan yang menargetkan pasar.

Pada bulan Juli, 31 warga Palestina tewas dan puluhan lainnya terluka ketika Israel membombardir rumah sakit darurat di Sekolah Haditha, tempat pengungsi berlindung, yang juga berada di dalam zona aman.

PBB: Tidak Ada Tempat Aman di Gaza

UNRWA (Badan PBB untuk Pengungsi Palestina) mengumumkan pada bulan Agustus bahwa tidak ada tempat aman bagi warga Palestina untuk berlindung di Jalur Gaza.

UNRWA juga melaporkan bahwa bahkan zona-zona "kemanusiaan" yang diklaim aman oleh Israel hanya mencakup 11 persen dari total wilayah Gaza.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Platform media sosial dituduh menyensor konten Gaza
Baca juga: Aliansi Bela Palestina akan gelar aksi setahun Genosida di Kedubes AS
Baca juga: Liga Arab adakan pertemuan darurat bahas serangan Israel ke Lebanon