Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI TB Hasanuddin mengatakan bahwa Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus menjadi momen pengingat untuk meningkatkan kesejahteraan para prajurit.

Dia menilai bahwa kesejahteraan akan mempengaruhi tingkat kedisiplinan para prajurit TNI yang sedang bertugas. Dengan kedisiplinan prajurit, maka perlindungan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia juga bakal terjamin.


"Dengan kesejahteraan yang cukup, insya Allah mereka akan memikirkan kesiapan dalam memberikan perlindungan dan memproteksi negara yang kita cintai ini," kata Hasanuddin di Jakarta, Jumat.

Sebagai wakil rakyat, purnawirawan Mayor Jenderal TNI itu memastikan bakal memperhatikan kesejahteraan prajurit, salah satunya terkait dengan perumahan. Jika memiliki hunian atau asrama yang berada dalam satu kompleks bersama prajurit lainnya, maka kedisiplinan prajurit pun bakal terpengaruh baik.

"Ini sangat mempengaruhi disiplin, dari pada ngekost jauh dan sebagainya," kata dia.

Selain itu, hal yang perlu menjadi sorotan juga terkait jaminan pendidikan untuk keluarga para prajurit TNI. Jangan sampai, kata dia, ada anak-anak dari prajurit TNI yang justru putus sekolah.

"Kemudian juga kita juga harus memperhatikan kesehatan mereka," katanya.

Anggota Komisi I DPR RI Periode 2019-2024 itu mengatakan bahwa hal yang sudah dicapai oleh para prajurit tentang profesionalisme, kedisiplinan, dan kualitas alat utama sistem pertahanan (alutsista) perlu terus di pertahankan dan ditingkatkan kemampuannya.

Walaupun demikian, dia juga tak menampik bahwa masih ada oknum-oknum TNI yang bermasalah soal kedisiplinan. Menurutnya para perwira yang memimpin para prajurit TNI pun harus sangat berperan untuk mengawasi potensi pelanggaran kedisiplinan.

"Terutama soal tingkat kriminal, kenapa saya sebut kriminal? Karena seperti perkelahian, pelanggaran disiplin itu harus ditekankan kembali peran para perwira pertama," katanya.

Adapun acara puncak peringatan HUT Ke-79 TNI akan diselenggarakan pada Sabtu, 5 Oktober 2024. Perayaan tersebut akan berlangsung di Silang Monas, Jakarta.
Baca juga: Pengamat: TNI di usia ke-79 berhasil lakukan modernisasi alutsista
Baca juga: HUT Ke-79, Panglima kembali tekankan visinya wujudkan TNI PRIMA
Baca juga: Transformasi TNI di tengah tantangan geopolitik