Kabupaten Bogor (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengapresiasi kemeriahan event Wonderful Puncak yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat.

Direktur Event Daerah Kemenparekraf Reza Pahlevi saat hadir dalam Wonderful Puncak, di Rest Area Gunung Mas, Cisarua, Jumat, mengungkapkan event menjadi salah satu strategi yang cukup efektif memajukan wisata di kawasan Puncak.

"Saya mendukung apa yang telah dilakukan, agar terus mengadakan event, sehingga rest area semakin maju dan bagaimana membangun kolaborasi dengan komunitas-komunitas secara bergilir diajak ke kawasan ini," ujar Reza.

Menurut dia, melalui penyelenggaraan event di kawasan Puncak dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat setempat.

Reza juga menyampaikan apresiasi Menparekraf Sandiaga Uno atas penataan kawasan wisata Puncak yang dilakukan oleh Pemkab Bogor.

"Pak Sandi sangat apresiasi dan menyampaikan salam, atas seluruh upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bogor sehingga membuat Puncak semakin nyaman dikunjungi," kata Reza.

Ia menyebutkan, Kabupaten Bogor banyak memiliki destinasi wisata, selain Puncak, juga Geopark Pongkor dan beberapa curug yang menjadi daya tarik wisatawan dari mancanegara.

Penjabat Bupati Bogor Bachril Bakri di tempat yang sama menyebutkan event Wonderful Puncak untuk menyemarakkan lokasi Rest Area Gunung Mas sebagai tempat relokasi para pedagang kaki lima (PKL).

"Hari ini ada lomba nasi goreng, karena nasi goreng disukai Obama dan Presiden Korea Selatan. Kita berharap nasi goreng semakin disukai masyarakat di dunia. Melalui penataan Puncak kita jadikan nasi goreng semakin go internasional," kata Bachril.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Yudi Santosa mengungkapkan event Wonderful Puncak terdiri dari beberapa sesi, salah satunya Harmony of Bogor yang dilaksanakan pada 4-5 Oktober 2024.

Menurut Yudi, berbagai suguhan seni dan budaya lokal ini untuk membantu peningkatan jumlah kunjungan di kawasan wisata Puncak.

Sejumlah acara Wonderful Puncak yaitu Harmony of Bogor, Puncak Fashion Week & West Java Folklore, Santap Mantap, Festival Tari Bogor, Flashmob Pencak Silat, Puncak Art Passion & Crative Market, serta Puncak Fest.

"Saat ini tahap optimalisasi kawasan wisata di Puncak. Menjadikan kawasan wisata yang berkelanjutan triggernya tetap ada di Rest Area Gunung Mas Puncak," kata Yudi pula.
Baca juga: "It's A Wonderful Life" di puncak peringkat film Natal terbaik
Baca juga: Pemkab Bogor gelar rangkaian "Wonderful Puncak" hingga akhir tahun