Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Timor Leste menggandeng Universitas Jember (Unej) untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pegawainya dengan mengirimkan Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Komisaris Badan Kepegawaian Negara Timor Leste Fausto Freitas da Silva bersama staf khusus Belamirno Filomena Neves, Kepala Badan Penelitian Badan Administrasi Publik Lorenca Olandina da Silva, dan Koordinator Bidang Hukum Kementerian Pendidikan, Sains, dan Budaya Mafaldo Lopes Victor berkunjung ke Kampus Unej pada Jumat.

"Sebagai negara yang belum lama merdeka, Pemerintah Timor Leste terus berbenah di semua bidang, salah satunya meningkatkan kualitas ASN," kata Komisaris Badan Kepegawaian Negara Timor Leste, Fausto Freitas da Silva di Kampus Unej.

Ia mengatakan Pemerintah Timor Leste terus berusaha membangun di semua bidang, termasuk membangun SDM yang baik, sehingga pihaknya mencari mitra kerja sama dalam rangka mendidik para ASN tersebut, karena para ASN bisa melanjutkan studi dan mengikuti beragam pelatihan.

Baca juga: Unej canangkan KKN tematik internasional bantu pendidikan Timor Leste

"Salah satu lembaga pendidikan tujuan kami adalah Unej, mengingat sudah banyak mahasiswa Timor Leste yang menempuh pendidikan di sini," katanya.

Staf Khusus Pemerintah Timor Leste Belamirno Filomena Neves mengatakan pihaknya sudah merasakan dampak dari pengiriman mahasiswa dan ASN ke Indonesia, termasuk ke Unej.

Bidang kerja sama yang dibidik, kata dia, antara lain pendidikan dan pelatihan bagi ASN di bidang pertanian dan teknik. Mereka menempuh studi formal maupun pendidikan non-gelar, termasuk rencana mengirimkan lulusan SMA dan pegawai dari sektor swasta ke kampus setempat.

"Banyak pejabat di Timor Leste yang merupakan alumni Unej, sehingga kami tidak meragukan kualitas kampus ini. Salah satu tujuan kedatangan kami adalah meneruskan kembali jalinan kerja sama yang sudah dijalin sejak tahun 2011," ujarnya.

Baca juga: Unej dan Unimor inisiasi KKN tematik di perbatasan NTT-Timor Leste

Sementara Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Unej Prof. Bambang Kuswandi yang menemui pejabat Timor Leste itu mengatakan pihaknya menawarkan banyak pilihan bagi ASN Timor Leste, terutama di bidang yang berkaitan dengan pertanian, keteknikan dan bioteknologi, bahkan program studi kesehatan Unej sudah mulai dilirik, seperti Fakultas Keperawatan.

"Kami siap bekerja sama dengan Pemerintah Timor Leste, bahkan tahun ini sudah ada dua mahasiswa pascasarjana asal Timor Leste yang sudah mendaftar dan kemungkinan akan bertambah. Salah satu fasilitas yang disiapkan adalah program beasiswa parsial bagi mahasiswa di jenjang magister dan doktoral," katanya.

Selain menawarkan pendidikan formal dan non-formal, lanjut dia, Unej juga menawarkan kerja sama di bidang pengabdian masyarakat, karena sudah mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional ke Kota Aileu di Timor Leste. Bahkan KKN internasional di Timor Leste mendapatkan apresiasi langsung dari Presiden Ramos Horta.

Baca juga: 10 Mahasiswa Unej KKN kolaborasi internasional di Timor Leste