Semarang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memastikan akan memberikan pelayanan terbaik kepada 34 kontingen yang berlaga pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo Raya.

"Kontingen dari 34 provinsi sudah mulai berdatangan dan mulai penjajakan. Kami berikan pelayanan terbaik," kata Nana, di Semarang, Jumat.

Menurut dia, segala fasilitas, akomodasi, arena, tim medis, hingga konsumsi sudah disiapkan dengan baik dan bisa digunakan.

Sejak ditunjuk sebagai tuan rumah Peparnas XVII menggantikan Aceh dan Sumatra Utara, Panitia Besar (PB) Peparnas bersama Pemerihtah Provinsi Jateng dan pemerintah kabupaten/kota telah melakukan berbagai persiapan.

Persiapan itu juga didukung langsung oleh Kementerian Olahraga dan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jateng.

Ia mengatakan bahwa pelayanan terbaik terus diupayakan pada perhelatan yang akan berlangsung pada 6-13 Oktober 2024.

Baca juga: Peparnas pastikan menu atlet perhatikan standar gizi seimbang

Sejumlah arena olahraga yang beberapa waktu lalu masih dalam tahap perbaikan, kata dia, saat ini sudah dinyatakan siap untuk dipakai.

Ada 24 arena yang akan digunakan, terdiri atas arena olahraga serta lokasi "opening dan closing ceremony" Peparnas XVII 2024.

Puluhan arena olahraga itu tersebar di Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Boyolali.

Pada Peparnas XVII, kata Nana, kontingen Jawa Tengah ditargetkan meraih juara umum dengan mengirim sebanyak 376 atlet yang mewakili Jateng.

Mereka akan bertanding untuk 17 cabang olahraga dari total 21 cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Kontingen Jateng berkomitmen akan mengambil juara umum. Dasarnya adalah kita sudah pernah juara dua dan tiga. Kali ini kita tuan rumah, maka sudah saatnya kita ambil juara umum," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi direncanakan buka Peparnas 2024