Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) dan sejumlah pemangku kepentingan terkait membentuk posko bersama untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. "Kota Jakarta Pusat telah menyiapkan posko bersama di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat yang bekerja sama dengan tiga pilar (TNI, Polri, dan unsur pemerintah kota) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Chaidir di Jakarta, Jumat.

Posko sekaligus desk Pilkada 2024 ini dibentuk secara berjenjang mulai dari tingkat provinsi, kota, hingga kabupaten.

Chaidir menyebut, desk pilkada ini dibentuk untuk mengakomodir semua pihak yang terlibat dalam keberlangsungan Pilkada di DKI Jakarta khususnya Jakarta Pusat.

"Tujuan pembentukan posko ini adalah untuk menciptakan pemilihan kepala daerah yang aman, nyaman, tertib, dan humanis," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Jakpus tetapkan wilayah bersih APK selama kampanye pilkada
Selain itu, Chaidir berharap desk pilkada yang dibentuk ini dapat menciptakan situasi yang kondusif demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak yang berlangsung pada 27 November mendatang.

"Harapannya pilkada nanti terselenggara secara baik dan insya Allah berjalan lancar," ucap Chaidir.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat (Jakpus) terus menggencarkan sosialisasi terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 kepada kalangan komunitas dan pemilih berdasarkan segmentasi di wilayahnya.

"Setelah penetapan daftar pemilih dan pasangan calon, saat ini kami menggencarkan sosialisasi kepada komunitas dan pemilih berdasarkan segmentasi agar perhelatan pilkada diketahui secara luas," kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Jakarta Pusat, Sahat Dohar Manullang saat dihubungi di Jakarta, Rabu (2/10).

Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Pusat menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada DKI Jakarta 2024 sebanyak 813.721 dengan rincian 410.376 pemilih perempuan dan 403.345 pemilih laki-laki dengan jumlah TPS sebanyak 1.542.

Baca juga: Pemkot Jakpus dan KPU deklarasikan netralitas ASN
Baca juga: KPU Jakpus gencarkan sosialisasi Pilkada DKI ke kalangan komunitas