Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Okupansi Kereta Api (KA) Blambangan Ekspres mengalami peningkatan saat rutenya diperpanjang dari relasi Ketapang – Semarang Tawang Bank Jateng PP menjadi relasi Ketapang – Pasar Senen PP sejak 26 Juli 2024.

"Okupansi KA Blambangan Ekspres meningkat hingga 107 persen untuk penumpang di wilayah Daop 9 Jember setelah relasinya diperpanjang," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro di Jember, Jumat.

Menurut dia, penumpang KA Blambangan Ekspres sejak diperpanjang rutenya pada 26 Juli hingga 30 September 2024 mencapai 50.724 orang, dimana 29.234 orang merupakan penumpang dengan keberangkatan dari Daop 9 Jember.

Dari jumlah 29.234 penumpang KA Blambangan Ekspres dari Daop 9 Jember selama periode 2 bulan, rata-rata penumpang perhari mencapai 436 atau 107 persen dari kapasitas yang tersedia setiap harinya sebanyak 408 tempat duduk.

Sedangkan rata-rata volume penumpang perhari secara keseluruhan mencapai 186 persen dari kapasitas atau 757 penumpang.

"Tingginya minat penumpang pada KA dengan rute terjauh tersebut tidak terlepas dari jadwal perjalanan yang menarik, yaitu berangkat dari Stasiun Ketapang pukul 14.50 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen Jakarta pukul 07.20 WIB" katanya.

Sedangkan arah sebaliknya dari Stasiun Pasar Senen diberangkatkan pukul 12.15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pada pukul 04.55 WIB.

Tiket dari Banyuwangi ke Jakarta yang bersaing mulai dari Rp505 ribu ditunjang dengan kemudahan mengakses informasi jadwal dan tiket, perjalanan kereta api yang aman dan nyaman serta tepat waktu menjadikan kereta api sebagai salah satu transportasi yang diminati.

Hal itu membuat banyak warga di wilayah tapal kuda yang memilih menggunakan KA Blambangan Ekspres untuk bepergian.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada para penumpang atas kepercayaan menggunakan KA Blambangan Ekspres. Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan transportasi kereta api yang aman dan nyaman bagi para penumpang," katanya.

Baca juga: Bupati Ipuk luncurkan rute perjalanan kereta api Banyuwangi-Jakarta
Baca juga: Daop Jember perpanjang rute KA Blambangan Ekspres menuju Jakarta