Yogyakarta (ANTARA) – PT Sport Glove Indonesia, salah satu perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat (KB) di bawah pengawasan Bea Cukai Yogyakarta, kembali ekspor ribuan karton sarung tangan ke Amerika Serikat pada Sabtu (28/09). Pada kesempatan ini, PT Sport Glove Indonesia berhasil mengekspor 4.876 karton sarung tangan dengan nilai ekspor mencapai USD142.870,32 atau Rp2,2 miliar.





Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Yogyakarta, Riri Riani, mengungkapkan bahwa sebagai trade facilitator, Bea Cukai Yogyakarta senantiasa mendukung ekspor produk-produk buatan Indonesia, salah satunya adalah produk sarung tangan yang dibuat oleh PT Sport Glove Indonesia.




PT Sport Glove Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang garmen dengan produksi utamanya adalah sarung tangan. Perusahaan yang berlokasi di Krandon, Pandowoharjo, Sleman, D.I. Yogyakarta, ini bukan kali pertama melakukan ekspor. Sebelumnya, pada tahun 2023, perusahaan ini pernah mengekspor sarung tangan militer ke Uni Eropa.




Riri mengungkapkan melalui pemanfaatan fasilitas kawasan berikat, perusahaan mendapatkan penangguhan bea masuk, pembebasan cukai, serta tidak dipungut pajak dalam rangka impor (PPN dan PPh pasal 22 impor).




“Dengan menerima fasilitas kawasan berikat dari Bea Cukai Yogyakarta, diharapkan PT Sport Glove Indonesia terus berkembang dengan baik,” pungkas Riri.