Jakarta (ANTARA) - Polisi memeriksa dua saksi terkait kebakaran yang terjadi di Mall Ciputra Jakarta-Mall Citraland di Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jumat dini hari.

"Hari kita baru periksa dua orang saksi," kata Kanit Reskrim Polsek Grogol Petamburan AKP Aprino Tamara saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan keterangan saksi-saksi tersebut, kata Aprino, diketahui ada percikan-percikan api di lantai lima mal. Para saksi melarikan diri setelah melihat percikan api tersebut sebelum memanggil pemadam kebakaran.

"Ya, mereka melihat ada percikan api dari lantai lima. Ketika sudah (melihat) percikan api itu, langsung kabur mereka. Habis itu panggil pemadam kebakaran," lanjut Aprino.

Ketika petugas pemadam tiba di lokasi, lanjut Aprino, api sudah membesar. Pemadaman pun dimulai pukul 01.00 WIB hingga selesai proses pendinginan pukul 03.30 WIB.

"Pemadam kebakaran sampai, api sudah membesar. Mulai pemadaman dari jam 01.00 WIB sampai jam 02.30 WIB. Pendinginan baru selesai 03.30 WIB, baru benar-benar selesai," jelasnya.

Adapun terkait dugaan penyebab kebakaran, Aprino menyebut kebakaran diduga disebabkan oleh arus pendek listrik atau korsleting, sebagaimana keterangan pihak pemadam kebakaran. "Kalau dugaan kita sementara sesuai dengan keterangan dari pemadam kebakaran, itu korsleting listrik. Itu memang dugaan sementara, ya. Cuma kan itu harus dipastikan," imbuh Aprino.

Baca juga: Jumat dini hari, Mall Citraland terbakar

Sementara itu, hingga kini, pihak kepolisian masih menunggu konfirmasi pihak Mall Ciputra Jakarta soal penyelidikan lebih lanjut mengenai penyebab kebakaran.

Aprino mengatakan jika konfirmasi pihak Mal Ciputra Jakarta terkait penyelidikan kebakaran sudah ada, maka kepolisian akan mengundang Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri untuk mendatangi dan menyelidiki lokasi kebakaran. "Kami menunggu dari pihak Ciputra, sampai sekarang belum ada konfirmasi. Kalau misalnya mereka meminta police line (garis polisi) dibuka berarti menganggap kebakaran ini musibah. Tapi kalau ingin mengetahui kejadian pastinya, kami akan panggil Puslabfor. Makanya sekarang masih menunggu," pungkas Aprino.

Di lokasi, tampak sejumlah pengunjung serta para pekerja di Mall Ciputra Jakarta tertahan di depan Lobby Barat 2 mal tersebut lantaran mal ditutup untuk sementara waktu.

Sebelumnya, Mall Citraland atau Mall Ciputra Jakarta di Jalan Letjen Jendral S. Parman RT/RW 11/01 Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat tutup sementara pada hari ini usai dilanda kebakaran pada Jumat dini hari.

"Demi keamanan dan kenyamanan bersama, kami akan menutup sementara operasional pada hari ini," kata Humas Mal Ciputra Jakarta, Rida Kusrida dalam keterangan resminya, di Jakarta, Jumat.

Rida menjelaskan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menelusuri penyebab kebakaran itu.

"Kami akan bekerja sama dengan pihak berwenang dalam rangka investigasi penyebab kebakaran yang terjadi pada Jumat dini hari," kata Rida.

Baca juga: Mal Citraland tutup sementara Jumat ini usai kebakaran