Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan, Johor Bahru, Malaysia dan Lagoi, Kabupaten Bintan, sepakat bekerja sama membuka rute pelayaran baru untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman).

Kepala Dispar Kepri Guntur Sakti mengatakan kerja sama tersebut dituangkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Bintan Resorts sebagai pengelola kawasan pariwisata internasional Lagoi dan The International Golden Shipping, serta Pengelola Pelabuhan Pasir Gudang, Johor Bahru pada ajang International Tourism & Culture (INTAC - 24) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (3/10).

"Kerja sama dimaksud ialah untuk membuka jalur pelayaran baru Pasir Gudang - BBT Lagoi yang akan efektif beroperasi pada Desember 2024," kata Guntur Sakti di Tanjungpinang, Jumat.

Adapun percobaan pelayaran perdana, kata Guntur, akan dilakukan pada 2 dan 3 November 2024 atau bertepatan dengan pelaksanaan event internasional Mandiri Bintan Marathon 2024 di Lagoi.

Ia menyebut kesepakatan ini bertujuan membuka rute kapal cepat atau feri langsung dari Johor Bahru ke Bintan Resorts, sehingga diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas serta daya tarik Bintan dan Tanjungpinang sebagai destinasi wisata internasional, sejarah dan budaya.

Pembukaan rute ini juga akan mempermudah wisatawan, khususnya dari Malaysia dan sekitarnya untuk berkunjung ke Bintan dan Tanjungpinang dengan perjalanan yang lebih singkat dan nyaman.

"Ini juga menjadi langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan pariwisata di Pulau Bintan," kata Guntur.

Guntur menambahkan penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh Deputy Minister of Tourism, Arts & Culture Negara Malaysia Khairul Firdaus Akbar Khan, lalu Consul General Indonesia untuk Johor Bahru Malaysia Sigit Suryantoro Widiyanto, serta General Manager Bintan Resort Abdul Wahab.

Sementara Guntur yang mewakili Pemprov Kepri turut hadir bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aries Fariandi, Kepala Dinas Kebudayaan Juramadi Esram dan Staf Khusus Gubernur Kepri Nazarudin.

Baca juga: Dispar Kepri bidik 3.000 wisatawan lewat ajang marathon di Bintan
Baca juga: Dispar Kepri: Wisata olahraga jadi tren berwisata setelah COVID-19