Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto beserta tiga kepala staf TNI dan jajaran petinggi Mabes TNI dan markas besar angkatan berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Jumat, dalam rangkaian HUT Ke-79 TNI.

Berziarah ke TMP Kalibata merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap tahun setiap peringatan HUT TNI.

“Tabur bunga ini ziarah ke para pahlawan yang telah gugur dalam rangka HUT TNI ke-79. Tadi, ke mantan Presiden B. J. Habibie, kemudian juga ke mantan panglima TNI, Edi Sudradjat, dan ke yang lain-lain juga,” kata Panglima TNI saat ditemui selepas berziarah di pelataran TMP Kalibata, Jakarta, Jumat.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga ke beberapa makam itu diawali dengan upacara di pelataran depan TMP Kalibata. Selepas upacara, Panglima TNI bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Granada Baay berjalan ke arah makam Presiden Ke-3 RI B. J. Habibie, kemudian Agus berdoa sejenak dan lanjut menaburkan bunga di atas pusara.

Tepat di belakang Panglima, tiga kepala staf yaitu Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI M. Tonny Harjono pun ikut berdoa dan menaburkan bunga di atas pusara makam B. J. Habibie.

Kemudian, Panglima beserta rombongan lanjut menaburkan bunga di makam istrinya Habibie, Hasri Ainun Habibie, lalu ke makam Pahlawan Revolusi Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani, Jenderal Besar TNI (Purn.) Abdul Haris Nasution, Wakil Presiden Ke-4 RI Jenderal TNI (Purn.) Umar Wirahadikusumah, Panglima Ke-10 ABRI Jenderal TNI (Purn.) Edi Sudradjat, dan Pahlawan Revolusi Letjen TNI (Anumerta) R. Soeprapto.

Dalam rangkaian tabur bunga itu, suasana di TMP Kalibata khidmat berkat iring-iringan musik dari grup musik TNI yang membawakan lagu “Gugur Bunga” karya Ismail Marzuki.

Dalam peringatan HUT Ke-79 TNI, rangkaiannya telah digelar di berbagai satuan TNI yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa kegiatan yang merupakan rangkaian HUT Ke-79 TNI di antaranya pameran alutsista tiga matra TNI (Matra Fair) di Lapangan Silang Monas, Jakarta pada 21–22 September, bakti kesehatan yaitu layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, donor darah, sunatan massal, operasi katarak, operasi bibir sumbing, dan pelatihan hidup dasar.

Kemudian, TNI juga membuka dapur lapangan yang memberikan makan bergizi gratis untuk 15.000 orang. Dalam rangkaian HUT, TNI juga menggelar kegiatan olahraga Panglima TNI Run untuk 10k dan 5k serta bersepeda bersama (fun bike), lalu ada juga pembagian sembako untuk masyarakat.

Puncak peringatan HUT Ke-79 TNI digelar di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu, sejak pukul 07.30 WIB. Kegiatan itu diisi dengan upacara yang bakal dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara (irup). Dalam puncak peringatan yang sama, TNI juga bakal unjuk kemampuan dan kekuatan lewat demonstrasi bela diri militer, terjun payung, pertempuran udara (dogfight), bertarung menggunakan sarana drone dan anti-drone, mendaki serbu, dan manuver pertempuran udara. Kemudian, prajurit TNI dari tiga matra TNI juga akan unjuk kekuatan lewat defile pasukan dan alutsista. Setidaknya ada 100.000 prajurit dan seribuan lebih alutsista yang terlibat dalam puncak peringatan HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Sabtu.